Selasa, 21 Nov 2017
radarjember
icon featured
Radar Jember

Gedung SDN Panduman 03 Terancam Ambruk

Rabu, 13 Sep 2017 19:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

TERANCAM AMBRUK:  Gedung SDN Panduman 03, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk terancam ambruk setelah plengsengan di belakang sekolah ambrol saat musim hujan beberapa bulan lalu

TERANCAM AMBRUK: Gedung SDN Panduman 03, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk terancam ambruk setelah plengsengan di belakang sekolah ambrol saat musim hujan beberapa bulan lalu (Jumai/Radar Jember)

JELBUK – Sebuah gedung Sekolah Dasar Negeri Panduman 03, Dusun Sumbercandi, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk terancam ambruk. Ini setelah plengsengan penyangga bangunan yang ada di belakang sekolah ambrol saat musim hujan beberapa bulan lalu.

Ambrolnya plengsengan yang berketinggian sekitar 3 meter dan panjang sekitar 30 meter itu tentu saja berpengaruh pada bangunan sekolah. Sebab, jaraknya sangat dekat. Kondisi ruang kepala sekolah dan ruang kelas 5 dan 6 terlihat retak. 

Retakan itu berada di samping plengsengan yang ambrol. Sehingga, dikhawatirkan gedung bangunan akan ambruk jika tidak segera diperbaiki. “Di ruang kepala sekolah dan ruang kelas terlihat ada retakan yang cukup panjang,’’ ujar Yuda, guru kelas 4.

Ambrolnya plengsengan itu dulu sempat membuat pihak sekolah panik. Selain jaraknya cukup dekat, plengsengan itu belum lama dibangun. “Plengsengan yang ambrol itu juga menimpa tebing rumah Bu Umi, yang berada di belakang sekolah,’’ tambahnya.

Warga sekitar juga tak menyangka plengsengan yang baru dibangun itu ambrol. Memang, sebelumnya sempat ada retakan. Tetapi, langsung diperbaiki oleh pemborongnya. “Tetapi belum lama ditembel, plengsengan kok malah ambrol malam harinya,’’ tambah Yuda.

Memang kalau dilihat dari kualitas bangunan, terkesan kurang bagus. Ada dugaan, campuran semen dan pasir kurang pas. Semennya kurang. Ketika dikerok, mudah sekali rontok.

“Kalau bisa plengsengan yang dibangun itu dibongkar semua. Karena, kalau kualitasnya seperti itu, tidak mungkin kuat menahan air kalau musim hujan,’’ kata Yuda.

Lokasi gedung SDN Panduman 03 ini juga kurang menguntungkan. Berada di atas bukit, sementara di bagian samping ada jurang. Di belakang sekolah tanahnya juga terjal.

Di belakang sekolah terdapat beberapa rumah warga. Sehingga kalau bangunan itu ambruk sangat mungkin akan menimpa rumah warga. 

(jr/jum/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia