Kamis, 23 Nov 2017
radarjember
icon featured
Sportainment

Jember United Juara Grup

Sabtu, 09 Sep 2017 22:04 | editor : Dzikri Abdi Setia

TETAP MENANG: Meski rata-rata turun dengan pemain lapis kedua, Jember United Indonesia tetap menang 3-2 lawan Batra FC Banyuwangi, di Lumajang (6/9).

TETAP MENANG: Meski rata-rata turun dengan pemain lapis kedua, Jember United Indonesia tetap menang 3-2 lawan Batra FC Banyuwangi, di Lumajang (6/9). (Adi Faizin/Radar Jember)

LUMAJANG – Jember United (JU) Indonesia keluar sebagai juara grup A dalam Liga Nasional PSSI U-15, usai mengalahkan Batra FC Banyuwangi di Stadion Semeru, Lumajang (6/09). JU Indonesia berhasil mengalahkan tim asal Banyuwangi tersebut dengan skor 3-2. 

Baik JU maupun Batra FC sebenarnya sama-sama dipastikan lolos ke putaran selanjutnya. Karena sebelum laga dimulai, kedua tim sama-sama sudah mengoleksi 6 poin. Namun keduanya sama-sama berambisi untuk menjadi juara grup.

Sesuai regulasi yang berlaku, juara grup berhak mengusulkan diri menjadi tuan rumah pada putaran selanjutnya. Karena itu, pertandingan berlangsung cukup sengit. 

Pada menit-menit awal babak pertama, JU tampil cukup ofensif dengan beberapa kali menekan gawang Batra FC. Gol perdana tercipta di menit ke 15 oleh sayap kiri JU, Tegar Alfian.

Umpan matang dari Chandra Irawan dari sisi kanan gawang, berhasil dikonversi menjadi gol oleh pemain bernomor punggung 9 itu. 

Selang 20 menit kemudian, giliran Chandra yang berhasil mencetak gol. Hadiah tendangan bebas dari wasit berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh sang gelandang serang. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai. 

Memasuki babak kedua, giliran Batra FC Banyuwangi yang membalas. Dua gol balasan Batra FC masing-masing dicetak oleh Yan Bayu Saputra dan Nuri Aditya Fadli di menit ke-56 dan 62. Terus menyerang membuat Batra sedikit lengah menjaga pertahanannya. 

Bermula dari kemelut di depan mulut gawang dan bermaksud menyelamatkan gawangnya, kapten Batra FC, Yohan Ari Kurnia justru tidak sengaja menceploskan bola ke gawangnya sendiri.

Gol di menit ke-85 itu akhirnya memastikan posisi JU sebagai juara grup A dengan torehan 9 poin, menyusul di bawahnya Batra FC dengan 6 poin. 

Pelatih JU Denny Ariyanto mengaku cukup puas dengan permainan anak asuhnya. Karena sudah dipastikan lolos penyisihan, Denny sengaja menurunkan banyak pemain pelapis dalam laga melawan Batra FC, termasuk diantaranya kiper Ubaid Lubis yang selama ini cukup jarang dimainkan. 

“Tetapi ketika Batra FC mulai menyamakan kedudukan, saya mulai lakukan rotasi pemain dengan menurunkan pemain inti. Alhamdulillah kita bisa tetap menang,” ujar Denny. 

Terkait daya gedor JU yang sedikit berkurang di babak kedua, Denny memakluminya. “Karena ini kan liga junior, jadi orientasinya bukan pada stamina, tetapi membentuk mental juara para atlet usia dini,” tutur Denny. 

Berbeda dengan liga senior, pada Liga U-15 ini terdapat istirahat turun minum selama 10 menit, masing-masing di tengah babak pertama serta babak kedua. 

Meski melaju mulus di Liga U-15, langkah JU juga sedikit terhambat dengan masalah financial. Ini terkait dengan masih macetnya dana pembinaan untuk JU yang sedianya sudah dianggarkan dalam APBD 2017.

“Memang kalau liga junior itu kita belum terlalu berpikir soal dana. Tapi sedikit banyak itu juga berpengaruh mulai dari nutrisi dan akomodasi pemain yang serba minimalis,” pungkas Denny. 

(jr/ad/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia