Rabu, 20 Sep 2017
radarjember
Kesehatan

President Suite RS Jember Klinik, Agar Pasien Cepat Sembuh

Selasa, 05 Sep 2017 18:55 | editor : Dzikri Abdi Setia

JEMBER - Tidak ada orang yang ingin sakit. Sakit menjadi momok tersendiri bagi kehidupan seseorang.

Apalagi ketika harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Ketika dilakukan rawat inap selain bertujuan untuk mendapat perawatan intensif juga bertujuan agar dapat mempunyai waktu istirahat yang cukup. 

Lingkungan rumah sakit seringkali membuat orang sulit tidur. Suasana rumah sakit seperti warna dinding, aroma ruangan, desain ruangan, serta interiornya terkadang membuat pasien merasa tidak nyaman.

Hal tersebut memicu timbulnya stress psikologis  pada saat menjalani rawat inap. Stress yang dialami pasien akan menghambat proses pemulihan dan penyembuhan pasien. 

Ruang rawat inap merupakan salah satu bagian penting di rumah sakit. Menurut drg Dwi Lianasari MSi, kepala Divisi Pemasaran Rumah Sakit (RS) Jember Klinik bahwa lingkungan medis di ruang rawat inap diharapkan menjadi tempat yang mendukung proses penyembuhan pasien. 

Ruang rawat inap yang mengakomodasi pasien dalam kenyamanan psikologis dan fisiologis akan membantu proses pemulihan pasien.

Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa letak ruang rawat inap terhadap lingkungannya mempunyai dampak positif terhadap kegiatan proses penyembuhan. 

Hal ini dibuktikan melalui fasilitas-fasilitas yang dapat dijangkau dengan mudah, dikondisikan lebih nyaman, dengan suasana yang menyerupai rumah.

Fungsi ruang rawat inap VIP cenderung sebagai tempat istirahat sebagai kamar tidur utama pada rumah tinggal.

Walaupun juga menjadi kamar privat sebagai proses penyembuhan.

Para dokter dan ahli medis berupaya untuk menyembuhkan pasien yang dirawat. Setiap pasien tentu tak ingin berlama-lama di rumah sakit.

Keinginannya segera sembuh, dan kembali beraktivitas seperti semula. Ringkasnya, pernyataan bahwa pasien selalu merasa tidak nyaman adalah sesuatu yang mesti diterima.

Tetapi, hal demikian tentu tak boleh dijadikan sebagai sebuah pembenaran oleh rumah sakit sehingga memberikan fasilitas pelayanan yang “apa adanya” bagi seorang pasien. 

Oleh karena itu RS Jember Klinik berupaya menyediakan layanan yang optimal dan prima sehingga ketidaknyamanan pasien dapat terkurangi.

Berbicara soal kenyamanan, lingkungan ternyata sangat berpengaruh bagi psikologis seseorang.

“Kamar rawat inap yang tampil nyaman memberikan efek psikologis, seperti rasa rileks atau tenang, meminimalkan stress, ketakutan, dan kegelisahan, serta memberikan perasaan semangat, penguasaan diri, dan keharmonisan,” terang drg Dwi Lianasari MSi. 

Kini RS Jember Klinik melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan.

Salah satunya adalah ruang rawat inap President Suite yang diharapkan mampu memberikan

"Suasana kamar seperti di rumah sendiri. Sehingga pasien selain merasa familiar, nyaman dalam istirahat saat menjalani rawat inap, sehingga merasa seperti di rumah sendiri,” pungkasnya. 

(jr/aro/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia