Kamis, 21 Sep 2017
radarjember
Sports

Persid Bantah Isu di Media Sosial

Tegaskan Aksi Galang Dana Murni Moral, Bukan

Sabtu, 15 Jul 2017 18:32 | editor : HARI SETIAWAN

BERI KLARIFIKASI: Ketua Umum Persid, Agus Rizki (tengah) saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Jember, Kamis (13/7) malam, untuk mengklarifikasi kabar di media sosial yang dianggap merugikan Persid. (Heru Putranto/Radar Jember)

JEMBER – Pengurus Persid menegaskan, aksi galang dana yang dilakukan para suporter sejak Rabu (12/7) merupakan aksi moral tanpa ada tendensi politik.

Selain itu, Persid juga menegaskan tidak memiliki akun resmi di media sosial. 

“Jadi kalau ada akun di media sosial yang mengatasnamakan Persid (akun Persid Jember), jelas itu bohong atau hoax,” tutur Agus Rizki, ketua umum Persid Jember, saat datang ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Jember, Jalan A Yani 99, kemarin. 

Pernyataan Agus Rizki itu untuk mengklarifikasi kabar yang ramai tersebar di media sosial, yang dianggap meresahkan dan merugikan nama Persid. Ada dua postingan yang dipermasalahkan tersebut. 

Postingan pertama yakni kutipan pernyataan Manajer Persid U-17, Sutikno yang menyorot dana untuk Askab PSSI Jember yang tak kunjung turun. Padahal semua prosedur sudah berusaha diikuti.

“Pernyataan itu mungkin saja diucapkan Pak Tik (panggilan akrab Sutikno, Red). Maksudnya baik, tapi ketika digabungkan dengan gambar yang provokatif, menjelek-jelekkan bupati, sehingga jadi bias. Ini tidak baik,” tutur Agus Rizki.

Ironisnya, gambar provokatif itu menjadi viral di medsos, akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memakai akun Persid Jember. Padahal, selama ini Persid tidak pernah punya akun resmi bernama Persid Jember.

Agus Rizki bisa memahami kegundahan Sutikno yang sudah menggelontorkan talangan dana pribadi hingga ratusan juta, demi membiayai tim U-17 berlaga di Piala Soeratin musim kompetisi tahun ini. 

Namun demikian, Agus Rizki yang juga ketua umum Persid masih optimistis sekali, dana hibah untuk Persid bisa cair. “Hanya masalah prosedur, dan kita akan ikuti arahan dari bupati. Dalam waktu dekat, akan kami kumpulkan Pak Tik (selaku manajer tim U-17), HM. Wagino (manajer Persid Senior) serta pengurus inti untuk membicarakan nasib Persid ini,” imbuhnya. 

Agus tak habis pikir, ketika muncul sebuah akun yang mengatasnamakan Persid Jember.  Apalagi postingan-postingan dari akun tersebut dianggap provokatif dan ingin membenturkan antara Persid dengan Bupati Jember.

“Kami merasa sangat dirugikan. Akan kami telusuri siapa di balik akun tersebut,” aku pria asal Gebang itu. 

Agus menegaskan, gerakan pengumpulan dana yang digalang secara serentak oleh seluruh korwil Berni –sebutan untuk organisasi suporter Persid- merupakan gerakan moril.

Tujuannya hanya satu, yakni kecintaan suporter pada Persid untuk mendukung performa Persid di lapangan –baik tim senior maupun junior- agar mampu mengulang kejayaan seperti di masa lalu. 

“Kami sama sekali tidak ada tendensi politik untuk menyerang atau menjatuhkan siapa pun. Murni untuk sepak bola. Karena itu kami mewaspadai penumpang gelap,” tegas pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Berni itu. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Berni Ridwan Suroyo meminta kepada seluruh suporter Persid agar tetap tenang dan tidak terpancing jika ada postingan bernada provokatif di media sosial.

“Karena tujuan kita cuma satu, prestasi Persid. Tidak untuk menjatuhkan siapa pun. Jadi semua harus tetap sopan,” tegas Ridwan. 

Jajaran pengurus Berni, menurut Ridwan, juga terus berusaha menertibkan seluruh suporter melalui jaringan koordinator wilayah (korwil) yang ada. Termasuk diantaranya yang ada di media sosial.

Sejauh ini, baru terdapat dua akun tidak resmi (unofficial) yang terkait dengan Persid, namun sudah berkoordinasi atau izin kepada pengurus Berni. Keduanya yakni Persid Media dan South Sector.

“Yang dua ini isinya tertib. Kalau yang lain, tidak pernah izin atau koordinasi dengan kami. Jadi kami tidak bertanggung jawab dan berupaya menertibkannya,” pungkas Ridwan. (ad/c1/hdi)

(jr/ad/har/JPR)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia