Sabtu, 23 Sep 2017
radarjember
Radar Jember

Jabis Lebaran, Terbitlah Tahun Ajaran Baru

Selasa, 11 Jul 2017 21:05 | editor : HARI SETIAWAN

MULAI CARI BUKU: Jelang tahun ajaran baru pekan depan, masyarakat mulai mencari perlengkapan sekolah seperti buku dan alat tulis.

MULAI CARI BUKU: Jelang tahun ajaran baru pekan depan, masyarakat mulai mencari perlengkapan sekolah seperti buku dan alat tulis. (Heru Putranto/Radar Jember)

JEMBER – Usai merayakan Idul Fitri, hal lain yang menjadi persoalan baru bagi para orang tua adalah datangnya tahun ajaran baru sekolah. Maklum saja, tahun ini libur siswa sekolah memang cukup panjang. Dimulai pada awal bulan Ramadan hingga tanggal 16 Juli mendatang.

Bisa dibilang liburan kali ini para orang tua habis-habisan menganggarkan keuangannya untuk dua peristiwa yaitu libur Lebaran dan libur sekolah.

Tidak sedikit para orang tua yang sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah anak-anaknya. Mulai dari alat tulis, buku, seragam sekolah, hingga tas dan sepatu. Berbagai pusat pertokoan kini diserbu oleh mereka yang ingin membelikan berbagai perlengkapan sebelum anaknya kembali bersekolah.

Meski tahun ajaran baru masih dimulai dua minggu lagi, namun beberapa toko alat tulis sudah tampak ramai oleh pengunjung yang ingin mempersiapkan perlengkapan sekolah anak-anak. Salah satunya tampak di toko Senyum Media.

Kholid Ashari, pemilik toko Senyum Media menuturkan, biasanya omzet penjualannya mengalami lonjakan yang menakjubkan. “Kira-kira lima kali lipat dari omzet harian biasanya,” ujar Kholid.

Kholid memperkirakan kondisi ini akan mengalami puncaknya pada satu minggu jelan tahun ajaran baru dimulai. Di puncak penjualan pun omzetnya bisa naik lagi. “Kemungkinan bisa mencapai tujuh sampai delapan kali lipat peningkatannya dari omzet harian biasa,” imbuhnya.

Momen tersebut, kata dia, memang sudah biasa terjadi setiap tahun. Kondisi ini sudah mulai tampak sejak satu minggu sebelumnya. “Seperti di puncak arus mudik dan balik, frekuensinya paling tinggi di H-7 sampai H+7 hari pertama masuk sekolah,” terangnya.

Terlebih lagi, pihaknya juga telah membuka cabang baru Plasa Senyum Media yang resmi beroperasi sebelum Lebaran. Untuk saat ini, yang baru dibuka adalah toko alat tulis dan area parkir. Area parkir ini juga menjadi highlight dari Plasa Senyum Media, sebab bisa menjadi solusi permasalahan parkir yang cukup menjadi momok bagi pengguna Jalan Trunojoyo. “Area parkir Plasa Senyum Media bisa memuat 300 sepeda motor dan 50 mobil,” imbuhnya.

Selain menyediakan perlengkapan alat tulis, nantinya di plasa tiga lantai ini juga akan menyediakan berbagai peralatan rumah tangga. “Kemudian di lantai dua juga akan terdapat kafe yang menyediakan beragam pilihan kuliner,” ujarnya.

Untuk mengakomodasi pelanggan yang datang, Kholid bahkan mempersiapkan areal parkir yang lebih luas dengan merombak sebagian kawasan pertokoan di sebelahnya. Selain itu pihaknya juga menambah jam operasional toko. “Tidak hanya di Jember, tetapi juga pada cabang di Bondowoso,” lanjutnya.

Dirinya tidak menampik, jika setelah pembukaan Plasa Senyum Media di Jalan Trunojoyo ini, pangsa pasarnya sendiri menjadi terpecah. Wajar saja, sebab selain faktor lokasi, beberapa fasilitas tambahan juga bisa dirasakan di plasa yang baru dibuka awal bulan Ramadan lalu. Namun, menurutnya, ini menjadi pangsa pasar baru yang bisa dimanfaatkan oleh Senyum Media. “Karena sebagian masyarakat datang ke Plasa Senyum Media, ini menciptakan ceruk pasar baru. Inilah yang bisa kita manfaatkan,” pungkasnya. 

(jr/lin/har/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia