Jumat, 19 Jan 2018
radarjember
Olahraga

Cari Yang Ngerti BOla

Kongres Luar Biasa Askab PSSI Jember Hari Ini

Minggu, 22 Jan 2017 08:00

Cari Yang Ngerti BOla

SIAP TARUNG - Empat Kandidat calon Ketua Askab PSSI Jember yang akan bertarung pagi ini di Aula PB Sudirman Pemkab Jember (Grafis: Tri Joko Santoso/Radar Jember)

JEMBER – Setelah melalui penantian panjang, babak baru Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Jember akan dimulai di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, hari ini. Didampingi oleh Asosiasi Provinsi (Asprov), Askab PSSI Jember akan memilih susunan kepengurusan baru. Dari sinilah, awal mula kebangkitan sepak bola Jember akan bisa ditentukan.

Ada berbagai harapan. Namun yang pasti, semua sepakat jika tokoh-tokoh yang akan duduk di kepengurusan baru ini bisa jadi motor penggerak utama cabor sepak bola. Jauh dari intrik-intrik politik, semua pure olahraga (sepak bola).

Perwakilan suporter sepak bola di Jember pun menuntut sosok  yang ideal. Suharyono, mantan ‘dedengkot’ Laskar Sroedji (kelompok suporter lawas yang dulu selalu mengawal perjalanan Persid mulai Divisi II) menyebut, ketua baru Askab ini nanti harus ngerti bola.

“Bukan hanya ngerti soal seluk beluk bola, namun harus juga harus cakap soal manajemen. Dan yang terpenting, terbebas dari semua urusan ’masa lalu’. Tokoh ini harus klir. Betul-betul klir. Sehingga tidak punya kepentingan apapun, selain sepak bola,” jelasnya.

Karena itulah, dia sepakat jika calon yang pas sebagai ketua Askab Jember  adalah tokoh yang tak punya keterkaitan politik. Juga, figur yang bukan cari makan di bola.

Hal serupa juga disampaikan oleh Muche Muhammad. Tokoh dari Berni Jember ini memandang, empat kandidat ketua yang akan bertarung dinilai cukup kompeten di bidangnya. Mereka semua memiliki latar belakang cukup baik dalam bidang olahraga, utamanya sepak bola.

Seperti Sutikno yang merupakan pelatih dan manajer sepak bola. Menurutnya, kalau nggak ngerti sepak bola, nggak mungkin bisa melatih sepak bola sampai juara nasional (LSN) dan juara internasional (Malindo Cup).

Kemudian, Ardi Pujo Prabowo dan Jaya Hartono adalah bekas pemain sepak bola. Dengan status mantan pemain, maka seluk beluk sepak bola sangat paham. Kemudian calon terakhir yakni Samsul Arifin adalah juga orang bola, yang sudah lama berkiprah di kepengurusan Askab PSSI Jember. ”Keempat calon sama-sama matang. Semua punya kompetensi,” tuturnya.

Muche yang juga mewakili suporter berharap, siapapun yang menjadi ketua nantinya, kompetisi yang sempat mandek akan bisa digulirkan kembali. Upaya ini bisa memuaskan rasa dahaga suporter yang selama ini jarang bisa ‘beraksi’.

“Kalau ngomongin suporter, suporter Jember tidak kalah dengan suporter yang tampil di klub divisi utama dan ISL,” imbuhnya. Karena itu dirinya berharap kompetisi kembali digulirkan.

Sementara Tohari, Sekretaris Askab PSSI Jember yang juga ketua panitia  KLB hari ini menyebut, 81 voters akan memberikan suara untuk memilih ketua, wakil ketua, serta komite eksekutif PSSI Jember hari ini (22/1). 81 voters tersebut terdiri dari 13 klub divisi utama, 19 klub divisi 1, 24 klub divisi dua, 20 klub divisi tiga, ditambah dengan klub di tim sepak bola nasional seperti Persid, Jember United, Sindo, Pindo, ditambah Asosiasi Futsal.

Diawali dengan registrasi klub yang akan memberi suara dilakukan agar tidak terjadi kesalahan administratif sepanjang KLB berlangsung, KLB sedianya akan diawali dengan seremonial yang akan dibuka oleh Bupati Jember atau yang mewakili. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh para calon ketua Askab Jember.

Tohari menuturkan, ada empat nama calon ketua, tiga calon wakil ketua, dan 17 nama calon komite eksekutif akan dipilih oleh seluruh peserta yang hadir. “Sebelumnya kita juga bacakan tata tertib pemilihan besok (hari ini, Red),” ujarnya.

Sistem pemilihan anggota Komisi Eksekutif (EXCO), kata dia, akan sedikit berbeda. Setiap voter memiliki kesempatan untuk memilih lima nama sekaligus. Kemudian akan diambil lima nama dengan pemilih paling banyak. “Jika ada dua atau lebih nama yang memiliki angka dukungan yang sama, akan kita voting lagi,” lanjutnya.

Sementara empat nama calon ketua umum yang akan bertarung yaitu  Sutikno, Ardi Pujo Prabowo, Jaya Hartono, dan Samsul Arifin. Sementara tiga nama calon wakil ketua adalah H. Achmad Jarwasis, Taufiq Hidayat, serta Mohammad Sofjandi SE. (lin/hdi/jawapos.com)

Semua calon Punya Kompetensi Tersendiri

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia