Jumat, 19 Jan 2018
radarjember
Politik
Gejolak Nasdem Jember

DPC Nasdem Dititipi Atribut Nasdem

Saat Hendak Klarifikasi ke Gus Saif

Minggu, 22 Jan 2017 08:00

DPC Nasdem Dititipi Atribut Nasdem

TITIP ATRIBUT: Didatangi kader, Gus Saif (kiri) langsung menyerahkan seluruh atribut dan data mulai Nasdem Ormas hingga menjadi partai, ke salah satu perwakilan kecamatan DPC Nasdem. (Rangga Mahardika/Radar Jember)

JEMBER - Belasan pengurus kecamatan DPC Partai Nasional Demokrat se- Jember mendatangi PP Ashri Talangsari kemarin (20/1). Mereka berniat klarifikasi pengunduran diri Gus Ayyub Saiful Ridjal dari Partai Nasdem. Namun, sejumlah DPC ini malah dititipi sejumlah dokumen dan atribut Nasdem untuk dikembalikan ke DPD Nasdem Jember dan DPW Nasdem Jawa Timur.

Belasan DPC Nasdem ini sudah datang sejak selesai jumatan kemarin. Satu per satu pengurus DPC Kecamatan ini datang ke kediaman Gus Saif itu. Menurut Mursyid, ketua DPC Nasdem Sumbersari, kehadirannya dengan sejumlah rekan-rekan DPC lainnya untuk mengklarifikasi dan menanyakan alasan pengunduran diri Gus Saif.

Apalagi, imbuh Mursyid, mereka bergabung ke Nasdem sejak awal karena Gus Saif. Mereka bersama berkomitmen untuk membesarkan Nasdem di Jember. “Jadi kami ingin bertanya mengapa Gus Saif mundur. Padahal dulu yang menjadikan Nasdem besar adalah Gus Saif,” ucap Mursyid. Dirinya masih ingat Gus Saif mengatakan Nasdem harus menjadi partai yang baik di Jember.

Menurut Mursyid, pengunduran diri Gus Saif ini tentu menjadi sinyal jika ada yang salah dengan kondisi partainya saat ini. “Jika Gus Saif mundur, berarti ada hal tidak baik di partai ini,” ucapnya. Apalagi, sempat ada kabar instruksi dari DPW yang meminta kepada kader Nasdem harus membela bupati, meski salah sekalipun.

Menurutnya itu sudah tidak benar jika yang salah tetap harus dibela. Untuk itulah, jika alasan pengunduran diri Gus Saif dinilai benar, maka tidak menutup kemungkinan dirinya bersama sejumlah pengurus Nasdem lainnya akan mengikuti langkah tersebut untuk mundur dari partai dengan slogan restorasi ini.

Apalagi, pihaknya menganggap kepengurusan DPD Nasdem Jember sudah tidak sehat. “Bukan rahasia lagi jika Gus Saif tidak pernah dilibatkan di partai. Jika Gus Saif yang punya pengaruh digitukan, bagaimana dengan teman-teman pengurus di bawah,” ucapnya. Pihak DPC juga selama ini tidak pernah diajak untuk berkomunikasi.

Apalagi, dalam pertemuan kemarin terdengar sejak kepengurusan DPD Nasdem terbentuk, sama sekali tidak ada koordinasi internal partai ini. Setelah menunggu sekitar dua jam, Gus Saif yang baru saja ada acara di Mayang itu datang di kediamannya di PP Ashri Talangsari, Jember.

Belum sempat sejumlah DPC berbicara, Gus Saif langsung masuk ke dalam rumah. Dirinya langsung membawa sejumlah atribut Nasdem Jember. Mulai dari bendera, kaus, pin hingga data-data file kelengkapan persyaratan dan AD/ART Nasdem baik saat ormas maupun sudah menjadi partai.

“Tolong semua ini kembalikan lagi kepada DPD Nasdem Jember atau DPW Provinsi,” tegas Gus Saif kepada sejumlah pengurus DPC Nasdem kemarin. Dirinya mengaku sudah mengundurkan diri dari Nasdem baik sebagai pengurus maupun kader partai. Gus Saif mengatakan dirinya mundur dari partai dan tidak perlu izin ke siapa pun.

“Saya sudah mundur dari Nasdem, jadi barang-barang ini kami kembalikan,” tegasnya. Sehingga untuk atribut itu mau diapakan, dirinya tidak mau tahu. Gus Saif bahkan dalam pertemuan kemarin mengatakan dengan jelas jika dirinya mengaku merasa tidak dibutuhkan oleh Partai Nasdem Jember. Dirinya juga kecewa dengan pola kepengurusan Nasdem Jember saat ini.

“Masak memilih pengurus asal ambil begitu saja. Partai kok disamakan dengan perusahaan,” tegas Gus Saif. Dirinya sebagai mantan Dewan Pertimbangan saat itu merasa tidak pernah diajak dan diminta pertimbangan untuk membicarakan susunan pengurus DPD Nasdem Jember.

“Diajak rapat tidak pernah. Tahu-tahu diundang sudah jadi keputusan partai,” ucapnya. Hal inilah yang kemudian membulatkan tekadnya untuk mundur dari partai berslogan restorasi ini. (ram/c1/hdi/jawapos.com)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia