Jumat, 19 Jan 2018
radarjember
hobi

Warapsari Band, Band Polisi Wanita di ? Polres Jember

Sarana Sosialisasi, Tampil di Berbagai Ajang

Sabtu, 21 Jan 2017 21:00

Warapsari Band, Band Polisi Wanita di ? Polres Jember

HOBI NYANYI: Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo (kiri) ikut bermain dengan Warapsari Band, sebuah kelompok musik polwan Polres Jember. (Jumai/Radar Jember)

Tugas polisi sudah berjibun, namun lima polwan anggota Polres Jember ini masih komitmen mengembangkan bakat minatnya. Bahkan membentuk band yang cukup dikenal di kalangannya. Mereka kini menjadi salah satu sarana promosi dan sosialisasi kegiatan yang dilakukan Polres Jember.

Rangga Mahardika, Jember

Kurela, pergi... pagi pulang pagi

Hanya untuk... mengais rezekiiii..

 

Penggalan lagu berjudul Pergi Pagi Pulang Pagi ini mengalun dengan merdu di sebuah ruangan studio musik yang ada di Kaliwates Jember. Terdengar ada suara vokal duet‎ pria dan wanita yang sangat enak di telinga. Begitu juga iringan musik yang berirama lembut.

Namun siapa sangka ternyata saat masuk semua pemain band ini semuanya perempuan dan masih memakai seragam cokelat polisi. Kebetulan memang ‎acara latihan di studio musik ini dilakukan sudah di luar jam dinas.

Yang lebih mengejutkan ternyata lagu itu dibawakan oleh band dengan personil semua perempuan.

Ya inilah Warapsari Band yang artinya seperti lambang Bhayangkari alias polwan yang berarti perempuan pilihan atau bidadari. Drummer Band Polwan ini adalah AKP Yuliati‎ yang kini menjabat sebagai Kapolsek Pakusari. Gitar ada Aiptu Dani (Kasi Humas Polsek Sukorambi), keyboard ada Bripda Verliyana (Sat Sabhara Polres Jember) dan Bripda Elsa (Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Jember) serta vokalis Bripda Enno (Sabhara Polres Jember). “Baru terbentuk sekitar tiga bulan lalu,” kata AKP Yuliati kemarin.

Band itu diawali saat ada arisan polwan di Polres Jember. Di mana saat itu ada yang bernyanyi dengan keyboard. Di sanalah kemudian mereka pun mengumpulkan personil yang bisa main musik dan bernyanyi. Baru kemudian membentuk sebuah band polwan Polres Jember.

Mereka pun sepakat berlatih setiap pekan. Dalam perjalanannya memang tidak semulus saat ini. “Yang sulit bukan menyamakan irama bermusik. Tapi waktu untuk latihan,” ucapnya tersenyum‎.

Karena masing-masing personel memiliki kesibukan yang padat. Seperti Yuli yang harus melaksanakan tugas berat menjadi Kapolsek. Juga personel lain yang selain tugas polisi juga ada yang masih melanjutkan kuliah. Namun semua dilewati dengan baik.

Meskipun ‎baru seumur jagung, jangan tanya pengalamannya. Mereka sudah tampil di berbagai ajang baik internal polres maupun kegiatan umum. “Awal tampil saat sambut kenal Kapolres bulan November kemarin,” jelasnya. Disana ternyata mereka mendapatkan apresiasi positif dari para penonton.

Lalu kemudian banyak tawaran datang untuk band ini tampil. Termasuk saat lepas pisah Dandim 0824 Jember beberapa waktu lalu. Juga sejumlah acara lainnya.

Sementara AKP Edy Sudarto, pembina Warapsari Band menuturkan, sejak awal band ini disiapkan untuk mengisi kegiatan di polres. “Seperti saat sosialisasi dan kegiatan internal lainnya,” ucap pria yang menjabat Kapolsek Sumberbaru.

Ternyata, diakuinya ada potensi bagus sehingga akan terus dikembangkan. Meskipun diakui awalnya terbentuk untuk menghilangkan kejenuhan bekerja setiap hari.

Yang menghebohkan, dalam latihan kemarin kedatangan tamu istimewa yakni AKBP Kusworo Wibowo, Kapolres Jember yang ikut bernyanyi.‎

“Katanya ada band bertalenta di Polres Jember. Ini sisi lain dari Polwan,” kata Kusworo. Pria yang suka musik ini pun ingin menjajal kemampuan anak buahnya, dan ternyata diakuinya cukup bagus.

Dengan adanya band ini, ke depan pihaknya pun ingin memanfaatkan untuk berbagai ajang sosialisasi kepada masyarakat. Dirinya yakin dengan sosialisasi dengan band dan lagu akan ‎lebih mendekatkan Polres Jember dengan masyarakat.

“Ini akan cocok untuk ajang sosialisasi program Polres Jember. Apalagi ini bukan hanya penyanyi radio, tapi penyanyi TV,” gurau Kusworo karena anggota band cukup cantik.

Kusworo pun mengapresiasi bakat minat anggota itu. “Bagus, silahkan jika selesai jam dinas anggota mau berkegiatan apa asalkan positif,” ucapnya. Bukan hanya bermusik, dirinya juga akan mengapresiasi anggota Polri yang memiliki bakat minat lainnya. Seperti olahraga, dan sebagainya. Sehingga dirinya akan memberikan dukungan

Bahkan, jika memang ke depan bisa diorbitkan untuk lebih maju, maka tidak menjadi masalah asalkan tetap tidak melupakan tugas utamanya sebagai anggota Polri. Apalagi, Kusworo juga memiliki pengalaman menjadi pembina Diva Baranita, band polwan di Mabes pusat sehingga sering masuk di acara TV. (c1/hdi/jawapos.com)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia