Rabu, 25 Apr 2018
radarbromo
icon featured
Kraksaan

UAMBD di Probolinggo, 3.252 Siswa Masih Ujian Pakai Kertas

Selasa, 17 Apr 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

ujian, uambd, ujian sekolah

UJIAN: Sejumlah siswa di MI NU Kraksaan saat mengikuti ujian, Senin (16/4). (Arif Mashudi/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Pelaksanan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) di Kabupaten Probolinggo, tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Senin (16/4), ratusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Probolinggo melaksanakan UAMBD Berbasis Komputer (UAMBD-BK).

Sejauh ini, di Kabupaten Probolinggo ada 394 lembaga MI dan 2 di antaranya MI negeri. Dari ratusan lembaga MI itu, hanya 116 MI dengan jumlah siswa 1.948 siswa yang melaksanakan UAMBD-BK. Selebihnya, 3.252 peserta dari 278 MI mengikuti ujian menggunakan kertas.

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Sugiyo mengatakan, perkembangan teknologi harus diikuti. Karenanya, Kemenag mencoba dan memulai untuk menggunakan komputer dalam pelaksanaan UAMBD.

Menurutnya, meski belum semua MI melaksanakan UAMBD-BK, setidaknya tahun ini sudah memulai. Bahkan, ada 116 MI yang telah memulai melaksanakan UAMBD-BK. “Ke depan bisa melakukan efesiensi. Tidak perlu pengadaan kertas dan tidak perlu lama untuk koreksi ujian akhir,” ujarnya.

Dari ratusan MI itu, salah satu yang melaksanakan UAMBD-BK adalah MI NU Kota Kraksaan. Di sana ada 85 siswa yang mengikuti UAMBD-BK. Mereka tampak mengerjakan soal ujian di tiga ruang kelas. Rata-rata mereka mengerjakan soal ujian melalui laptop dan netbook.

Kepala MI NU Kraksaan Syaifullah mengatakan, untuk kali pertama para siswa kelas VI melaksanakan UAMBD-BK. Di hari pertama, Senin (16/4), menurutnya tidak ada kendala berarti.

“Tadi, ujian akhir madrasah mata pelajaran Alquran Hadist dan Akidah Akhlak. Alhamdulillah, tidak ada kendala dalam pelaksanaan UAMBD-BK meski pertama kalinya,” ujarnya.

(br/mas/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia