Rabu, 25 Apr 2018
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events
Tryout Kejujuran SMP

Ketat, 30 Peserta dengan Nilai Terbaik Bakal Ikuti Babak Penentuan

Jumat, 23 Mar 2018 12:05 | editor : Muhammad Fahmi

PENGARAHAN : Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono (kanan) bersama Pengawas SMP Suyitno Hadiwijoyo memberikan pengarahan sebelum babak penentuan digelar di SMPN 2 Kraksaan, Kamis (22/3).

PENGARAHAN : Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono (kanan) bersama Pengawas SMP Suyitno Hadiwijoyo memberikan pengarahan sebelum babak penentuan digelar di SMPN 2 Kraksaan, Kamis (22/3). (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

KRAKSAAN- Sejumlah 30 peserta Tryout Kejujuran CBT yang memperoleh nilai sama tinggi untuk lima mata pelajaran (mapel) mengikuti babak penentuan, Kamis (22/3). Babak penentuan yang digelar di SMPN 2 Kraksaan, para siswa SMP ini mengerjakan soal berdasarkan mapel masing-masing. Babak ini digelar untuk mencari juara pertama dari lima mapel.

Mapel bahasa Indonesia ada 10 siswa yang memiliki nilai sama tinggi. Sedangkan, bahasa Inggris ada 7 siswa, IPA 3 siswa, matematika 4 siswa, dan mapel Pkn ada 6 siswa. Setiap mapel, panitia menyiapkan 3 butir soal uraian dengan durasi waktu 15 menit mulai pukul 09.00 WIB.

“Dalam babak penentuan ini, kami menggunakan soal uraian. Tujuannya, agar tidak terjadi nilai yang sama. Masing-masing soal dari lima mapel itu, peserta kami uji dengan 3 butir soal uraian. Tingkat kesulitan soal juga kami naikkan dari try out CBT sebelumnya,” ujar Pengawas SMP untuk mapel IPA, Suyitno Hadiwijoyo didampingi pengawas SMP dari mapel Pkn, Edy Santoso.

Suyitno mengatakan, untuk kriteria penilaian dalam babak penentuan ini, akan dilakukan melalui rubrik penilaian soal. Sehingga, dari rubrik itu bisa diketahui bobot masing-masing jawaban siswa. “Kriteria penilaiannya kami akan menggunakan rubrik untuk mengetahui bobot jawaban masing-masing siswa,” ujarnya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sudarsono mengatakan, jika dari hasil babak penentuan itu masih terdapat nilai yang sama dari mapel yang diujikan kemarin, pihaknya akan menggunakan sistem pengumpulan jawaban tercepat. “Tadi masing-masing siswa juga kami catat waktu mengumpulkan jawabannya. Jika masih ada nilai yang sama, kami ambil juara pertama dari siswa yang mengumpulkan jawaban paling cepat,” ujarnya.

Menurutnya, pengumuman hasil dalam try out CBT SMP ini akan diumumkan di harian Jawa Pos Radar Bromo edisi Senin (26/3). Pengumumannya, meliputi juara 10 besar maupun juara per mapel. “Termasuk pembahasan dari 6 mapel yang diujikan di try out CBT ini akan diterbitkan di koran pada hari Senin itu,” ujarnya. 

(br/uno/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia