Rabu, 25 Apr 2018
radarbromo
icon-featured
Pasuruan

Tutup Jalur Sepanjang 700 Meter di Jalan Sultan Agung saat CFD

Kamis, 22 Mar 2018 06:00 | editor : Fandi Armanto

cfd, car free day, jalan sultan agung, pasuruan, kota, pkl, pedagang

HARUS BERSIH: Sejumlah PKL yang berjualan di Jalan Sultan Agung. Ketika CFD digelar, kawasan Sultan Agung harus bersih dari pedagang dan kendaraan bermotor. (Dok. Radar Bromo)

PURWOREJO - Rencana uji coba Car Free Day (CFD) di Kota Pasuruan terus dimatangkan. Dalam uji coba ini, Pemkot bakal menutup jalur sepanjang 700 meter mulai dari depan Hotel BJ Perdana di batas barat sampai depan kantor BPJS Kesehatan di batas timur.

Untoro Ariyadi, Koordinator EO CFD mengungkapkan areal depan GOR Untung Suropati (Unsur) bakal ditutup mulai pukul 06.00-10.00. Sehingga, seluruh pedagang kaki lima (PKL) bakal diarahkan untuk berjualan di dalam GOR Unsur.

Selain itu, panitia CFD sudah menyiapkan dua lahan parkir bagi masyarakat Kota Pasuruan yang ingin mengikuti kegiatan CFD ini. Lahan parkir ini berada di sisi barat GOR Unsur serta di sisi timur kantor BPJS Kesehatan.

“Jadi jalan Sultan Agung sepanjang 700 meter mulai dari Hotel BJ Perdana sampai Kantor BPJS Kesehatan harus steril. Sehingga, bisa digunakan untuk kegiatan olahraga,” katanya.

SementAra itu, Ketua Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan, Hardi Utoyo menjelaskan CFD ini sudah direncanakan sejak awal tahun. Nantinya, CFD ini akan rutin dilakukan setiap dua minggu sekali.

“Ini masih baru uji coba untuk memberikan pemahaman pada PKL. Dengan begitu, nantinya saat sudah diberlakukan bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Hardi.

Meski masih uji coba, CFD pada 25 Maret nanti akan diseriusi. Tujuannya adalah untuk memberikan sosialisasi terhadap kegiatan CFD yang direncanakan rutin setiap 2 minggu sekali kedepannya. Dengan uji coba ini, CFD penataan dan evaluasi akan dimatangkan agar pelaksanaan selanjutnya sudah bisa tertib baik bagi PKL, penataan parkir dan yang terpenting sepanjang Jalan Sultan Agung benar-benar bebas asap bermotor. Tidak ada kegiatan jual beli.

Nantinya sejak dini hari start pukul 04.00, sudah dilakukan pengamanan, sehingga PKL langsung diarahkan ke dalam GOR semua. Termasuk kegiatan panggung dan talent juga akan dipusatkan di panggung utama yang ada di GOR. Bagi Komunitas di Kota Pasuruan yang ingin bergabung di CFD bisa menghubungi Lely (0853-3108-0011).

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia