Minggu, 22 Apr 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Dapat Hibah 17 Kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Selasa, 20 Mar 2018 14:30 | editor : Fandi Armanto

petik laut, kota, pasuruan, tradisi, kebudayaan, budaya, kapal, perahu, ritual, potensi wisata

BERSYUKUR: Perahu nelayan yang dihias dan mengangkut penumpang dalam acara petik laut. Kementerian Kelautan dan Perikanan di tahun ini bakal memberikan hibah 17 kapal untuk nelayan Kota Pasuruan. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

BUGULKIDUL - Keinginan belasan nelayan di Kota Pasuruan untuk mendapatkan kapal yang sesuai dengan alat tangkap yang memadai, terjawab. Dalam waktu dekat ini, sebanyak 17 nelayan di Kota Pasuruan bakal mendapatkan hibah kapal.

Kabid Budidaya pada Dinas Perikanan Kota Pasuruan Iskandar M mengungkapkan, pihaknya mendapatkan hibah kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebanyak 17 buah. Rencananya, kapal itu akan diberikan pada nelayan yang mengajukan tahun lalu.

“Alhamdulillah, pengajuan kami dipenuhi. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan langsung menyerahkannya pada nelayan,” ungkapnya.

Iskandar menyebut, belasan nelayan itu sebelumnya kerap mengeluh. Sebab, sejak mereka menggunakan alat tangkap Gilnet Milenium dari pemkot, tangkapannya jauh berkurang.

Setelah ditelusuri, kondisi itu ternyata disebabkan kapal yang digunakan tidak sesuai. Karena itu, pihaknya berharap dengan bantuan kapal ini, belasan nelayan ini tetap menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan tidak lagi menggunakan alat tangkap seperti cantrang.

Tujuannya, untuk menjaga ekosistem laut. “Memang alat tangkap seperti cantrang tidak dilarang oleh pemerintah pusat. Tapi, kan mereka sudah dapat hibah kapal. Jadi, kalau bisa pakai alat tangkap seperti Gilnet ini,” terang Iskandar.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia