Minggu, 22 Apr 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Jalan Rusak di Kabupaten Pasuruan Capai 40 Persen, Ini Penyebabnya

Selasa, 20 Mar 2018 13:00 | editor : Muhammad Fahmi

jalan, rusak, berlubang, tergenang, winongan

MENGANGA: Kondisi jalan rusak di Winongan, saat dipotret Februari lalu. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Adanya sejumlah proyek nasional di Kabupaten Pasuruan berdampak. Sejumlah ruas jalan di wilayah setempat mengalami kerusakan.

Dinas PU Kabupaten Pasuruan mencatat, lebih dari 70 km jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan rusak. Hal itu tak terlepas adanya proyek nasional. Seperti, megaproyek Umbulan; pengerjaan jalan tol Gempol-Pasuruan, hingga proyek tol Pandaan-Malang.

Kerusakan itu pun, akan sulit ditanggung pemkab untuk membenahinya. Sebab, kerusakan yang terjadi, sangatlah parah. “Karena itu, kami akan mengajukan pembenahannya ke pemerintah pusat,” kata Hari Aprianto, kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan.

Hari menyampaikan, ruas jalan di Kabupaten Pasuruan mencapai 2.315 km. Dari jumlah itu, awalnya jalan dengan kondisi baik mencapai 80 persen. Artinya, kerusakan yang terjadi, sangatlah minim.

Namun, ketika berlangsungnya sejumlah proyek nasional, kerusakan jalan ditemukan di mana-mana. Walhasil, kondisi jalan rusak meningkat.

Dari catatannya, jalan dengan kondisi baik di wilayah Kabupaten Pasuruan, terkikis sebesar 20 persen. “Saat ini, kondisi jalan berstatus baik di wilayah Kabupaten Pasuruan mencapai 60 persen. Padahal, sebelumnya kondisinya 80 persen. Tiga megaproyek tersebut, memberi andil besar terhadap kerusakan jalan di Kabupaten Pasuruan,” beber dia.

Kerusakan-kerusakan itu, bisa ditemui di sejumlah titik. Seperti di jalur Winongan. Kerusakan jalan setempat membuat warga tak nyaman.

Karena itulah, pihaknya akan mengirimkan catatan ke Kementerian PU. Cacatan tersebut berisikan tentang kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Pihaknya berharap, pemerintah pusat bisa memberikan perhatiannya. Supaya, ada support pembenahan jalan-jalan rusak tersebut.

“Kami akan mengirimkan data kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan ke kementerian. Harapan kami, ada sokongan anggaran untuk membenahinya. Supaya, jalan yang rusak-rusak itu, bisa mulus kembali,” tutur dia tanpa menyebutkan besaran anggaran yang akan diajukan.

(br/one/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia