Rabu, 25 Apr 2018
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events
Tryout Kejujuran

Seru, Juara Per Mapel Perlu Babak Penentuan

Selasa, 20 Mar 2018 09:22 | editor : Muhammad Fahmi

penilaian, tryout, kejujuran, cbt

TELITI: Pengawas SMP-Dispendik menggelar rapat penilaian hasil Tryout Kejujuran CBT di Ruang Pengawas Dispendik Kabupaten Probolinggo, Senin (19/3). (Didik Purwanto/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Penentuan juara Tryout Kejujuran Computer Based Test (CBT) tingkat SMP se-Kabupaten Probolinggo untuk kategori per mata pelajaran (mapel) berlangsung ketat. Dari hasil tryout yang gelar, Kamis (15/3) lalu, ada 30 siswa yang nilainya sama dalam satu mapel yang diujikan.

Di antaranya, dalam mapel bahasa Indonesia ada 10 siswa; bahasa Inggris ada 7 siswa; PKn ada 6 siswa; matematika ada 4 siswa; dan IPA ada 3 siswa. Sedangkan, untuk mapel IPS panitia sudah mendapatkan pemenangnya. Sebab, tidak ada yang nilainya sama. Untuk menentukan juara dari 5 mapel itu, panitia akan mengadakan babak penentuan.

Koordinator Pengawas SMP Kabupaten Probolinggo Ganif Rojikin mengatakan, sesuai kesepakatan dari pengawas, panitia Dispendik Kabupaten Probolinggo, dan Jawa Pos Radar Bromo, akhirnya diputuskan untuk menggelar babak penentuan. Ini, khusus siswa yang mendapatkan nilai sama-sama tertinggi dalam 5 mapel.

“Seperti bahasa Indonesia, ada 10 siswa dengan nilai tertinggi sama. Sepuluh siswa ini akan diuji lagi. Begitu juga dengan siswa yang mendapat nilai tertinggi sama untuk 4 mapel lainnya. Mereka akan diuji lagi untuk mendapatkan juara per mapel,” ujarnya.

Staf Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Fitri mengatakan, babak penentuan akan digelar pada Rabu (21/3). Babak krusial yang akan digelar di SMPN 2 Kraksaan, ini tidak akan menggunakan CBT. Tapi, akan menggunakan ujian kertas berupa soal uraian.

“Dari 5 mapel itu masing-masing mapel ada 3 soal uraian. Peserta akan diberi waktu 15 menit untuk menyelesaikannya, mulai pukul 09.00 WIB,” ujarnya.

(br/mie/uno/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia