Kamis, 18 Jan 2018
radarbromo
icon-featured
Hukum & Kriminal

Pemilik Home Industry Miras di Plumbon Ternyata Belajar Buat di Tuban

Jumat, 12 Jan 2018 12:03 | editor : Fandi Armanto

miras

MALU; Tersangka M Gufron (dua dari kiri) saat dirilis di mapolres Pasuruan, Kamis (11/1). (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

BANGIL - Pelarian Gufron dari kejaran polisi sudah berakhir. Lelaki yang sempat buron selama dua pekan itu, dibekuk saat pulang ke rumahnya lantaran kangen dengan istrinya. Kepada awak media, Gufron mengaku dirinya memproduksi arak usai belajar dari kawannya yang ada di Tuban.

Kepada wartawan, tersangka mengaku baru tiga bulan belakangan memproduksi arjo. Arjo itu dibuatnya dari penyulingan hasil fermentasi campuran ketan, tape, dan gula. Keterampilan itu diperolehnya setelah belajar dari seseorang asal Tuban setahun lamanya.

Meski kapasitas produksinya bisa 19 liter per hari, tersangka berdalih belum sempat menikmati hasilnya. Ia pun tak bekerja sendirian. Karena biasanya, dibantu karyawan tidak tetap. “Belum sempat jual. Saya baru tiga bulan,” aku Gufron.

Tersangka tak mengelak kalau dirinya memang seorang wartawan mingguan. Ia juga kerap membawa air softgun. Dalihnya, hanya untuk latihan.

Karena perbuatannya itulah, tersangka dijerat pasal berlapis. Selain dikenai pasal 136 huruf a UU Nomor 18/2012 tentang Pangan, tersangka juga dikenai pasal 112 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya 10 tahun penjara. 

miras

LOKASI PRODUKSI: Petugas memeriksa ruang produksi arak milik Gufron di rumahnya di Plumbon, 29 Desember silam. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

Sebelumnya diberitakan, 29 Desember lalu, polisi menggerebek sebuah rumah di Plumbon, Pandaan. Saat penggerebekan, polisi sempat mengamankan Gufron. Namun dia berhasil mengelabui petugas dan kabur saat hendak dibawa ke Mapolres Pasuruan.

Di dalam rumah, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, 4 galon berisi arak jowo, 23 jeriken kosong, 3 tabung gas elpiji, dan satu drum besar. Barang bukti itu diamankan di dalam dua ruangan, yang didesain khusus untuk memproduksi arak, lengkap dengan tungku penyulingannya.

(br/fun/one/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia