Selasa, 16 Jan 2018
radarbromo
icon featured
Politik

Tegas, Ini Pesan Danrem 083 pada Anggota TNI di Pilkada

Kamis, 11 Jan 2018 17:15 | editor : Muhammad Fahmi

danrem 083, baladhika jaya, Kolonel Inf Bangun Nawoko, Bangun Nawoko

MISI KHUSUS: Danrem 083 Kolonel Inf Bangun Nawoko saat memberi pesan pada anggota TNI, Rabu (10/1). (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

MAYANGAN - Danrem 083 Baladhika Jaya Kolonel Inf Bangun Nawoko memastikan, akan menindak tegas anggota TNI yang tidak netral selama Pilkada 2018. Penegasan itu disampaikannya saat mendatangi Kodim 0820, Rabu (10/1).

Kunjungan itu sendiri untuk memberikan pemahaman tentang pengamanan dan netralitas anggota TNI maupun Polri dalam menyikapi tahun politik dan pesta demokrasi.

“Saya ke sini (Kodim 0820) ada misi khusus. Seperti diketahui, saat ini masuk tahun politik. Jadi, saya menyakinkan pada anggota tentang keamanan pilkada. Selain itu, anggota harus netral. Jika tidak, akan ditindak tegas,” terangnya.

Lebih lanjut, menurutnya, ada dua hal yang harus dipahami anggota TNI selama tahun politik ini. Pertama, anggota harus mengetahui tugas pokok dalam pengamanan pilkada.

“Kami membekali anggota yang bertugas dalam pengamanan dengan buku saku. Dengan demikian, mereka akan tahu bagaimana cara menyikapi jika terjadi persoalan,” tuturnya.

Kedua, anggota harus paham bahwa posisi TNI netral dalam pesta demokrasi ini. Karena itu, menurutnya, jika ada anggota TNI tidak netral, akan ditindak tegas.

“Jika ditemukan anggota yang tidak netral, akan diberikan tindakan tegas. Kami punya koridor hukum sendiri terkait anggota yang melanggar,” katanya.

Namun, Danrem yakin, anggota TNI tidak akan mau mengambil risiko. Sebab, taruhannya tidak hanya personal, namun juga pada institusi TNI.

“Kalau TNI-POLRI tidak netral, masyarakat menjadi tak percaya lagi. Dan, jika masyarakat tidak percaya, bagaimana kami bisa melayani masyarakat,” tuturnya.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia