Selasa, 23 Jan 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Retribusi Banyubiru dan Ranu Grati Tembus Rp 707 Juta

Kamis, 11 Jan 2018 11:35 | editor : Fandi Armanto

banyubiru, wisata banyubiru, kolam pemandian

RAMAI: Suasana keramaian di kolam buatan yang ada di wisata Banyubiru saat liburan lalu. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

PASURUAN - Sampai tutup tahun 2017, realisasi penerimaan retribusi di tempat wisata Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 707 juta. Jumlah ini memang melebihi target tahunan yang ditarget Rp 600 juta atau lebih 117 persen.

Agung Maryono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa penerimaan target retribusi sudah tercapai sejak bulan November lalu. Di bulan Desember, pendapatan melonjak hingga kemudian mencapai Rp 707 juta.

Jumlah retribusi tempat wisata memang tidak besar. Ini lantaran retribusi wisata hanya mengambil di 2 lokasi wisata alam yaitu yaitu Danau Ranu Grati dan Pemandian Alam Banyubiru yang dikelola Kabupaten Pasuruan. Namun setiap tahun, Pemkab memang selalu menambah sarana dan fasilitas sehingga terus meningkatkan penerimaan retribusi.

Atas perolehan itu, target retribusi tempat wisata, selalu melebihi di kurun dua tahun belakangan. Dari data Disbudpar, tahun 2015 lalu hanya mencapai 97 persen dari target tahun 2015 yang hanya Rp 550 juta. Sedangkan di tahun 2016 mulai ada peningkatan. Dari target sebesar Rp 575 juta, bisa terealisasi hingga Rp 616 juta.

Dari 2 lokasi wisata tersebut, Banyubiru memang mendominasi penerimaan retribusi hingga 96 persen. Padahal tiket wisata memang tidak ada kenaikan karcis. Untuk Banyubiru tetap Rp 5 ribu dan Ranu Grati tetap Rp 2.500 per orang.

“Sehingga kenaikan penerimaan memang dari naiknya jumlah pengunjung yang datang. Terutama saat liburan, baik liburan sekolah atau momen tertentu seperti lebaran dan akhir tahun,” jelasnya.

ranu grati, danau

INDAH: Suasana sore di Ranu Grati. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia