Rabu, 17 Jan 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Jumlah Insiden Kebakaran Sepanjang 2017 Ada Banyak, Segini Jumlahnya

Kamis, 11 Jan 2018 15:05 | editor : Fandi Armanto

kebakaran, rumah terbakar, pemadam kebakaran, pmk, fire rescue

FIRE RESCUE: Petugas pemadam kebakaran Kota Pasuruan berupaya memadamkan si jago merah yang membakar sebuah rumah di Pesona Candi, November silam. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

PURWOREJO - Jumlah kebencanaan di Kota Pasuruan sepanjang tahun 2017 mencapai 75 kasus. Angka ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencapai 50 kejadian. Mayoritas adalah bencana kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengungkapkan ada 3 bencana yang rawan terjadi di Kota Pasuruan. Yakni, bencana banjir, kebakaran dan angin kencang.

Ia mengungkapkan sepanjang 2017, BPBD menerima 75 kali bencana. Rinciannya, 24 bencana banjir, 7 bencana angin kencang, 22 bencana kebakaran di Kota Pasuruan. Pemadam Kebakaran di Kota Pasuruan sendiri, juga turut membantu memadamkan api sebanyak 22 kejadian di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Tahun 2017, dari laporan yang kami terima, jumlah kebencanaan memang cenderung meningkat. Jika pada 2016 hanya 50 laporan, namun tahun lalu dari periode Januari sampai Desember, kami menerima 75 laporan,” katanya.

Yanuar menyebut adanya peningkatan angka kebencanaan ini disebabkan oleh dua faktor. Yakni, human error atau karena faktor kesalahan manusia dan pengaruh iklim serta cuaca. Menurutnya, pengaruh iklim dan cuaca sulit diprediksi.

Untuk human error, Yanuar mencontohkan pada bencana kebakaran yang biasanya terjadi karena manusia lupa mematikan listrik atau kompor saat keluar rumah. Sementara, bencana banjir biasanya, mereka tidak mampu menjaga alam dengan baik.

“Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat lebih menghargai alam dan melakukan langkah preventif dari diri sendiri. Tujuannya, agar bencana di Kota Pasuruan dapat ditekan. Sebab, BPBD hanya bertugas melakukan upaya dampak bencananya,” terang Yanuar.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia