Minggu, 17 Dec 2017
radarbromo
icon featured
Pandaan

Hidupkan Kembali Gelaran Padang Bulan, Pemkab Siapkan Dana Segini

Kamis, 07 Dec 2017 17:00 | editor : Fandi Armanto

kesenian, candi jawi, tarian, padang bulan, pandaan

VAKUM: Penari di acara Padang Bulan yang dahulu pernah digelar rutin di Candi Jawi. Agenda kesenian ini rencananya bakal dihidupkan lagi tahun depan. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

PRIGEN - Upaya Pemkab Pasuruan untuk menghidupkan kembali gelaran Padang Bulan di Candi Jawi, Prigen yang mati suri cukup serius. Tahun 2018 mendatang, pemkab telah menyiapkan anggaran khusus untuk gelaran tersebut di APBD 2018 yang telah didok DPRD setempat.

Dari informasi yang dihimpun, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 135 juta. Kepastian itu diungkapkan Kepala Disparbud Kabupaten Pasuruan, Agung Maryono.

Agung menyampaikan, pegelaran padang bulan yang sempat vakum beberapa tahun terakhir, bakal kembali dihidupkan. Kembalinya event Padang Bulan tersebut, ditujukan untuk menggairahkan wisata dan pagelaran budaya di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Khususnya, kawasan wisata Prigen. Sebab, kegiatan yang digelar saat bulan purnama itu, akan kembali digelar di kawasan Candi Jawi, Prigen. “Kegiatan ini diharapkan bisa menggairahkan sektor wisata,” sampainya.

Event itu juga dimaksudkan agar menjadi wadah bagi seniman. Para seniman ataupun budayawan bisa menyalurkan kreativitasnya, dalam event tersebut.

Menurut Agung, rencana untuk menghidupkan kembali Padang Bulan sudah disetujui legislatif. Dalam pembahasan APBD 2018, disepakati kalau tahun depan acara tersebut bisa direalisasikan. “Kami akan menyelenggarakannya mulai pertengahan Januari atau Februari,” bebernya.

Dikatakan Agung, dana Rp 135 juta tengah dialokasikan untuk kelangsungan acara tersebut. Event itu akan diselenggarakan selama sembilan kali dalam setahunnya.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia