Kamis, 14 Dec 2017
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Gelapkan Uang Nasabah Hingga Puluhan Juta, Karyawan Koperasi Ini Dibui

Kamis, 07 Dec 2017 08:35 | editor : Fandi Armanto

penggelapan

DITAHAN: Tersangka Mufdori (tengah) yang kini sudah mendekam di mapolsek Gempol. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

GEMPOL - Hari-hari Mudofri, 44, kini harus dilalui di balik jeruji tahanan. Ini lantaran warga Dusun/Desa Carat, Kecamatan Gempol tersebut, dibekuk unit reskrim Polsek Gempol. Mudofri dibekuk lantaran menggelapkan uang kredit milik nasabah koperasi hingga puluhan juta rupiah.

Mudfofri diamankan petugas saat tengah berada didalam rumahnya Selasa (5/12) sekitar pukul 16.00. Tanpa perlawanan, Mudofri hanya bisa pasrah saat dikeler petugas. Dia rupanya sudah menyadari bahwa dirinya bakal dibekuk, usai melakukan tindak pidana di tempatnya bekerja.

Tak tanggung-tanggung, uang yang digelapkan oleh pelaku totalnya mencapai Rp 93.338.000. Uang itu adalah milik koperasi Tunas Arta Mandiri Syariah di Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Adapun yang digelapkan ialan uang milik banyak nasabah kredit.

“Pelaku dalam proses penyidikan lebih lanjut di mapolsek. Karena melakukan penggelapan uang milik koperasi tempat dirinya bekerja. Memakai uang pelunasan dari nasabah untuk kepentingan pribadi dan membuat promes fiktif,” tegas Kapolsek Gempol Kompol I Nengah Darsana.

Adapun penggelapan uang milik koperasi dilakukan oleh pelaku, sudah berjalan cukup lama. Tepatnya, sekitar enam bulan terakhir. Hingga akhirnya pimpinan koperasi tempat pelaku bekerja, curiga dan kemudian mengetahui. Untuk selanjutnya, melaporkan perbuatan pelaku ke mapolsek setempat.

“Uang hasil penggelapan sudah habis oleh pelaku, untuk pemenuhan kebutuhannya sehari-sehari dalam setahun terakhir,” ungkapnya. Petugas dalam kasus ini, juga mengamankan sejumlah barang bukti antara lain 36 lembar promes fiktif dan 33 lembar promes pelunasan dari nasabah.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 374 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara katanya.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia