Selasa, 21 Nov 2017
radarbromo
icon featured
Bangil

Dua Penghuni Idap HIV-AIDS, Begini Perlakuan Sipir di Rutan Bangil

Rabu, 18 Oct 2017 06:00 | editor : Fandi Armanto

Kemenkum HAM, rutan, rutan bangil, penjara, warga binaan, hiv aids

SEPI: Suasana tampak depan Rutan Bangil beberapa waktu lalu. Sejumlah warga binaan mengikuti acara Isra Mikraj yang digelar di rutan (insert). Di tempat ini ada dua warga binaan yang mengidap penyakit menular tersebut, namun tetap menjadi perhatian petuga (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

BANGIL - Penyakit HIV-AIDS bisa terjangkit oleh siapa saja. Tak terkecuali warga binaan di rumah tahanan ataupun lembaga pemasyarakatan. Namun lembaga dibawah Kementerian Hukum dan HAM, punya cara tersendiri untuk mengatasinya. Sehingga warga binaan yang terjangkit penyakit ini, tak merasa di diskriminasi.

Seperti yang dilakukan Rutan Bangil. Dari ratusan warga binaan yang ada di dalam rutan, dua diantaranya positif mengidap HIV-AIDS. Dua warga binaan itu kini menjadi pantauan khusus bagi para sipir.

Kepala Rutan Bangil Wahyu Indarto menyampaikan, risiko tersebut memang ada. Mengingat, keberadaan penghuni Rutan Bangil yang berada dalam satu lingkungan. Apalagi, penghuni rutan kini tengah overload.

“Kalau penyebaran penyakit HIV-AIDS di Rutan Bangil cenderung kecil. Meski berada di kawasan terbatas, namun penyakit ini kan tidak gampang menular. Justru yang kami khawatirkan, adalah penyakit TB. Karena melalui batuk bisa menularkan penyakit tersebut,” kata Wahyu.

Untuk lebih menekan risiko penyebaran penyakit HIV-AIDS tersebut, pihaknya pun melakukan pemantauan. Hal ini untuk mencegah penderita menyebarkan secara sengaja.

Sejauh ini, diketahui ada dua penghuni Rutan Bangil yang mengidap HIV-AIDS. Itu berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan kontinyu.

“Selain pengawasan, tidak ada cara lain yang bisa kami lakukan. Karena, tidak ada ruangan khusus untuk penderita HIV-AIDS. Sebab, kami juga tidak menginginkan adanya diskriminasi terhadap penderita. Mengingat, status mereka kan tetap harus dirahasiakan,” sambung dia.

(br/fun/one/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia