Selasa, 12 Dec 2017
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Wuzzz, Kanopi Terbang, Genting 7 Rumah Warga Jrebeng Lor Rusak

Kamis, 12 Oct 2017 22:34 | editor : Muhammad Fahmi

Angin Kencang

DISAPU ANGIN: Iwan menunjukkan kanopi yang copot usai terbawa embusan angin kencang, Kamis (12/10). (Rizky Putra Dinasti/ Radar Bromo)

KEDOPOK-Embusan angin kencang menghantam Perumahan Mameru Jingga, Jalan Musi, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Kamis (12/10). Angin kencang itu membuat genting 7 rumah warga mengalami rusak ringan dan sebuah kanopi di rumah warga sampai terlepas. 

Delapan rumah itu berjejer di RT 4/RW 6. Yakni, rumah nomor B-9 sampai B-2. Salah satunya, rumah Iwan, 30, nomor B-4. 

Menurut Iwan, selama ini, angin kencang memang kerap melanda Perumahan Mameru Jingga. Yang terakhir, sekitar dua bulan lalu. Namun, tak separah Kamis (12/10). 

Genting rumah Iwan dan enam tetangganya rusak ringan. Kerusakan paling parah dialami rumah Fatur, nomor B-9. Kanopi rumah Fatur lepas dan diterbangkan puting beliung, sekitar 4 meter. 

Selanjutnya, kanopi yang terlepas dibawa angin ke barat, sekitar 15 meter. Kanopi akhirnya jatuh di genteng rumah nomor B-2. Akibatnya, banyak genteng rumah warga yang pecah, terkena lemparan kanopi. Termasuk genteng rumah Iwan. 

Saat puting beliung terjadi dua bulan lalu, rumah Fatur menurutnya, juga jadi korban. Saat itu, kanopi rumah Fatur yang disemen, terangkat. Namun, tidak sampai lepas.

“Belajar dari kondisi rumah Pak Fatur, akhirnya saya memasang kanopi rumah dengan cara dilas,” tuturnya. 

Fatur menurut Iwan, berjanji akan mengganti beberapa genteng rumah warga yang rusak akibat kanopinya yang terbang itu. Iwan sendiri, langsung memperbaiki genteng rumahnya yang pecah dan bolong.  

 “Ini saya baru memperbaiki atap saya, ada yang bolong, karena genteng pecah. Itu genteng yang rusak baru saja saya turunkan,” katanya.

Iwan pun mengingatkan warga setempat untuk mewaspadai angin susulan. “Khusus untuk kanopi, harus dipasang dengan baik. Semoga kejadian serupa tak terulang,” katanya. 

Sekretaris BPBD Kota Probolinggo Asmari saat dikonfirmasi mengatakan, tidak ada potensi puting beliung di Kota Probolinggo. Yang ada yaitu, angin kencang. 

“Kami juga pernah memberikan imbauan pada warga kota melalui tiap kecamatan agar mewaspadai angin kencang,” tuturnya. 

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia