Rabu, 18 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

Dimeriahkan Ekshibisi Layang-Layang

Kamis, 12 Oct 2017 11:30 | editor : Muhammad Fahmi

layang-layang

MERIAHKAN GEMARIKAN: Sejumlah layang-layang hias yang siap menyemarakkan puncak acara gemarikan di Paiton, Sabtu (14/10). (Didik Purwanto/Jawa Pos Radar Bromo)

KADEMANGAN - Rapat koordinasi (rakor) Gebyar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), digelar panitia Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo dan Jawa Pos Radar Bromo, Rabu (11/10). Sejumlah hal dibahas dalam rakor yang dilaksanakan di kantor Jawa Pos Radar Bromo itu.

Di antaranya, Gebyar Gemarikan akan dimeriahkan dengan ekshibisi layang-layang, Sabtu (14/10). Rencananya, ekshibisi layang-layang ini akan diikuti 20 peserta. Mereka akan bermain layang-layang di lokasi acara mulai pagi.

Koordinator Panitia Jawa Pos Radar Bromo Giyanto mengatakan, tahun ini ekshibisi layang-layang hanya merupakan kegiatan pengenalan. Harapannya, tahun depan akan digelar lomba layang-layang di acara serupa.

“Harapan kami, tahun depan akan digelar lomba tambahan saat acara Gebyar Gemarikan. Yaitu, lomba layang-layang ini. Karena itu, tahun ini digelar ekshibisi layang-layang sebagai pengenalan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dipastikan hadir pada acara puncak Gebyar Gemarikan, sekitar pukul 12.00 WIB. Sebelum acara puncak, akan dikukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsikan (Forikan) 24 kecamatan oleh Ketua Forikan Kabupaten Probolinggo, Nunung Timbul Prihanjoko.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi menambahkan, sebelum mengikuti acara puncak, Bupati Tantri akan meninjau lokasi lomba pameran produk olahan hasil perikanan. Sebab, Kabupaten Probolinggo mempunyai beragam produk olahan hasil perikanan yang punya nilai jual cukup tinggi.

Menurut Deddy, pameran produk perikanan itu bertujuan menciptakan keanekaragaman produk olahan hasil perikanan. Dengan pameran, juga diharapkan akan tersosialisasi produk olahan hasil perikanan.

Termasuk, manfaat makan produk olahan hasil perikanan. “Dengan pameran ini diharapkan juga mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha produk olahan hasil perikanan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Gebyar Gemarikan ini akan digelar di Instalasi Pelabuhan dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (IP2SKP), Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton. Beberapa acara digelar. Ada lomba cipta menu olahan ikan, lomba mancing di laut Paiton, lomba pameran produk olahan hasil perikanan, dan eksibisi layang-layang.

(br/jpk/mie/mie/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia