Kamis, 14 Dec 2017
radarbromo
icon featured
Politik

Baru Tiga Parpol Daftar ke KPU Kota Pasuruan

Kamis, 12 Oct 2017 10:40 | editor : Fandi Armanto

kpu, parpol daftar

CEK BERKAS: Komisioner KPU Kota Pasuruan memeriksa berkas dari parpol yang Rabu (11/10) mendaftar di kantor sementara KPU Kota Pasuruan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

PASURUAN - Sejumlah partai politik di Kota Pasuruan kini mulai mempersiapkan percaturan politik dalam Pileg 2019 mendatang. Memasuki hari kesembilan pendaftaran parpol, Rabu (11/10) KPU Kota Pasuruan menerima berkas pendaftaran tiga partai politik. Yakni Partai Perindo, Partai Berkarya dan PDI Perjuangan.

Komisioner KPU Kota Pasuruan, Basori Alwi mengungkapkan, sejauh ini pihaknya memang telah menerima konsultasi yang dilakukan oleh hampir seluruh parpol yang ada di Kota Pasuruan. Menurut dia, selama tahapan pendaftaran parpol dibuka, baru tiga parpol itulah yang melakukan pendaftaran ke kantor sementara KPU Kota Pasuruan di Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan itu.

Partai Perindo sendiri, sejatinya sempat melakukan pendaftaran pertama, Senin (9/10) lalu. Namun, lantaran berkas pendaftarannya masih belum lengkap, maka dikembalikan. Alhasil, sejumlah pengurus Partai Perindo DPC Kota Pasuruan kembali menyerahkan berkas pendaftaran yang telah dilengkapi.

“Kami belajar dari pengalaman pada pendaftaran pertama beberapa waktu lalu. Hari ini kami kembali melakukan pendaftaran dengan berkas-berkas yang sesuai dengan hasil bimtek dan konsultasi selama ini,” terang Sucipto, Sekjen Partai Perindo DPC Kota Pasuruan.

Tak hanya itu, pada hari yang sama Partai Berkarya juga telah menyerahkan berkas pendaftaran yang terdiri dari kopi berkas formulir kepengurusan, dokumen KTA dan KTP. Pendaftaran Partai Berkarya sendiri dilakukan oleh Ketua Partai Berkarya DPC Kota Pasuruan, yaitu Moeh Roem Latief. Sejumlah berkas pendaftaran dua parpol itu kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan berkas yang dilakukan oleh tim verifikator.

Menjelang sore hari, giliran PDI Perjuangan datang ke kantor KPU. Partai yang di parlemen memiliki 3 kursi itu, datang bersama jajaran pengurusnya. Bahkan Raharto Teno Prasetyo, Wawali Pasuruan yang juga pengurus partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut, ikut mendampingi.

Sementara itu, Basori Alwi menambahkan bahwa berkas pendaftaran yang telah diterima itu, mesti menunggu tahap berikutnya. “Batas akhir pendaftaran parpol ini akan berlangsung sampai 16 Oktober mendatang. Setelah itu akan dilanjutkan dengan tahapan penelitian administrasi dan verifikasi aktual,” imbuh dia.

Diketahui, dalam pendaftaran parpol itu ada sejumlah ketentuan. Selain berkas-berkas tersebut, kata Basori, setiap parpol juga mesti memiliki jumlah anggota yang telah ditentukan dalam regulasi.

“Dalam regulasinya, jumlah minimum anggota setiap parpol yakni 1/1000 dari jumlah penduduk. Di Kota Pasuruan, kalkulasinya setiap parpol harus menyerahkan data anggota minimal 209,” tandas Basori.

(br/tom/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia