Senin, 23 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Pasuruan

7 Website OPD Tak Aktif, Tapi Sering Sosialisasi Kegiatan di Sosmed

Kamis, 12 Oct 2017 09:50 | editor : Fandi Armanto

ilustrasi website, ilustrasi online

ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

GADINGREJO - Belum semua website yang dikelola oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Pasuruan aktif. Pemkot menyebut dari puluhan OPD, 7 OPD diantaranya tidak pernah mengaktifkan website miliknya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pasuruan, Setyo Hadi mengatakan jumlah OPD di Kota Pasuruan sebanyak 39 satuan kerja. Namun, dari catatan Kominfo hanya 32 OPD yang cukup aktif mengelola website, sisanya mati.

Ketujuh OPD itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol); Dinas Kesehatan (Dinkes); Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP); Badan Kepegawaian Daerah (BKD); Dinas Perizinan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Alasannya, karena jarang yang mengunjungi. Namun, 7 OPD ini cukup aktif memberitahukan kegiatan mereka melalui media sosial,” katanya saat sosialisasi medsos dan website di kantor Dinskominfo.

Ia menyebut hal ini sempat menjadi perhatian komisi pemberantasan korupsi (KPK) dan badan pemeriksa keuangan (BPK) beberapa waktu lalu. Katanya, KPK dan BPK meminta agar website OPD aktif sebagai indikator kepuasan masyarakat. “Dalam website, masyarakat dapat melihat kegiatan OPD sekaligus menyampaikan kritik,” jelas Setyo.

Karena itu, pihaknya akan terus mendorong OPD untuk meng-update website miliknya. Ia pun berharap bagi OPD yang kurang paham dengan cara meng-update website dapat menanyakan langsung pada Diskominfo.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia