Selasa, 17 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Politik

E-KTP Bikin Dua Parpol Ini Belum Penuhi Syarat Daftar KPU

Kamis, 12 Oct 2017 09:30 | editor : Muhammad Fahmi

partai berkarya

BELUM LENGKAP: Pengurus Partai Berkarya saat mendaftar ke KPU Kota Probolinggo, Rabu (11/10). (Rizky Putra Dinasti/Jawa Pos Radar Bromo)

MAYANGAN - Partai-partai di Kota Probolinggo mulai mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke KPU kota setempat. Sampai Rabu (11/10), baru dua partai yang mendaftar. Yaitu, partai Perindo dan Partai Berkarya.

Perindo mendaftar, Senin (9/10). Sementara Partai Berkarya mendaftar, Rabu (11/10) siang. Rombongan DPD Partai Berkarya datang pukul 11.40. Mereka disambut tiga anggota KPU setempat. Yaitu, divisi hukum Tirmidzi, divisi data Joko Wahyudi dan divisi sosialisasi Yahya Ulum.

Verifikasi kelengkapan administrasi pun langsung dilakukan, selama satu jam. Hasilnya, empat kelengkapan adminsitrasi belum terpenuhi.

Empat syarat yang dimaksud menurut Tirmidzi adalah, tiga KTP milik pengurus partai masih non elektronik dan satu surat keterangan (suket) KTP sementara milik pengurus partai, sudah habis masa berlakunya. “Untuk kekuranganya tak banyak. Rata-rata permasalahannya sama, yakni masalah KTP yang masih belum KTP elektronik,” terangnya.

Ketua DPD Partai Berkarya Kota Probolinggo, Noer Faturrohman Efendi mengungkapkan, pendaftaran itu sesuai dengan intruksi DPW. “Untuk struktur partai, kami sampai anak ranting. Tiap RW ada koordinator RW. Ini sesuai dengan AD dan ART yang ada,” tambahnya.

Noer pun berjanji akan melengkapi berkas administrasi yang kurang. “Apapun nanti yang perlu diperbaiki, akan segera kami perbaiki,” katanya.

Sebagai informasi, KPU Kota Probolinggo mewajibkan semua parpol di kota untuk mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2019. Kewajiban ini tidak hanya berlaku bagi parpol baru. Namun, juga parpol peserta pemilu 2014. Jadwal pendaftaran parpol peserta pemilu, yaitu 3-16 Oktober 2017.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia