Rabu, 18 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

Kapal Lebih Banyak, Dimeriahkan Ekshibisi Layang-Layang

Selasa, 10 Oct 2017 12:15 | editor : Muhammad Fahmi

mancing, mancing mania, mancing paiton, angler, mancing di laut paiton, mancing laut

SERU: Suasana Lomba Mancing di Laut Paiton pada 2016 lalu. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

DRINGU - Persiapan Gebyar Gemarikan gelaran Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo, kian matang. Peserta dan beragam kegiatan yang akan digelar sudah penuh. Termasuk, lomba memancing di laut yang juga diikuti peserta dari Denpasar, Bali.

Ada tiga kegiatan yang akan digelar dalam acara pada Sabtu (14/10) di Pelabuhan Perikanan Paiton ini. Meliputi, lomba memancing ikan di tengah laut yang disiapkan 75 kapal, lomba cipta menu olahan ikan, dan lomba pameran produk perikanan.

“Kegiatan dimulai sejak dini hari dengan kemasan yang berbeda. Ada lomba mancing dan lomba memasak ikan yang tujuannya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi, Senin (9/10).

Terpisah, Koordinator Panitia dari Jawa Pos Radar Bromo Giyanto mengatakan, Gebyar Gemarikan akan dikemas dengan lomba mancing di perairan laut Paiton, lomba cipta menu olahan ikan, pameran produk Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo. “Sekarang tinggal penyebaran undangan yang direncanakan akan disebar Rabu (11/10). Persiapan lain seperti persiapan kapal dan persiapan keamanan sudah siap,” ujarnya.

Dalam lomba mancing di laut ini, panitia menyedikan 75 kapal untuk 75 tim. Setiap kapal atau tim berjumlah 4 orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun Senin (9/10) yang hanya 50 kapal. “Ada tambahan 25 unit kapal,” ujarnya.

Antusiasme para angler untuk mengikuti lomba ini cukup tinggi. Mereka tak hanya datang dari Kota dan Kabupaten Probolinggo. Ada juga yang berasal dari Pasuruan, Surabaya, Malang, Gresik, Sidoarjo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, bahkan dari Denpasar.

“Beberapa tim dari Malang sudah beruji coba dan berhasil mendapat ikan seberat 7,6 kilogram. Begitu juga tim Lumajang yang mendapatkan ikan seberat 7 kilogaram lebih,” ujar Giyanto.

Panitia menegaskan, para peserta lomba mincing diwajikan menggunakan pengaman berupa pelampung. Jaket pengaman ini juga diwajibkan dipakai selama perlombaan.

“Gebyar Gemarikan ini juga akan dimeriahkan dengan ekshibisi layang-layang hias dan lomba cipta menu untuk menunggu pemancing di darat,” ujarnya.

mancing, mancing mania, mancing paiton, mancing di laut paiton, mancing laut

LEBIH BANYAK: Tahun ini, acara bakal lebih seru karena jumlah peserta bertambah. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

(br/hil/mie/mie/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia