Sabtu, 25 Nov 2017
radarbromo
icon featured
Pandaan

Jalur Pendakian Gunung Welirang-Arjuno Kembali Dibuka

Rabu, 13 Sep 2017 23:31 | editor : Fandi Armanto

SUDAH DIBUKA: Pos perizinan pendakian Welirang-Arjuno di Tretes yang sejak Rabu (13/9) sudah dibuka lagi.

SUDAH DIBUKA: Pos perizinan pendakian Welirang-Arjuno di Tretes yang sejak Rabu (13/9) sudah dibuka lagi. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

PRIGEN - Sempat ditutup hampir dua pekan lamanya, jalur pendakian menuju puncak Gunung Welirang-Arjuno di wilayah Tahura R. Soerdjo kembali dibuka untuk umum. Dibukanya jalur pendakian yang dimulai sejak Selasa (12/9) itu dilakukan, usai ada evaluasi.

Adapun dibukanya jalur pendakian berada di tiga pos di wilayah kabupaten ini. Diantaranya Tretes dan Jatiarjo, Kecamatan Prigen; Tambaksari, Kecamatan Purwodadi. Sementara untuk di wilayah Malang yakni Lawang, Kabupaten Malang dan Sumber Brantas, Kota Batu.

“Jalur pendakian diwilayah kami, baik ke Welirang maupun Arjuno kembali beroperasi dan dibuka untuk umum,” terang koordinator obyek wisata UPT Tahura R. Soerdjo, Agus Budi Utomo saat di hubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon.

Menurut Agus, panggilannya, dibukanya kembali jalur pendakian cukup beralasan. Pihaknya telah melakukan evaluasi dan koordinasi dengan pihak BMKG Tretes terkait cuaca terkini saat ini. Selain itu juga berdasarkan pemantauan langsung ke lapangan di dua puncak gunung Arjuno maupun Welirang.

“Situasinya saat ini dalam beberapa hari terakhir sudah kondusif dan aman. Sehingga sudah bisa dan layak dilalui oleh para pendaki yang ingin ke puncak gunung,” jelasnya.

Walau begitu, jalur pendakian tak melulu dibuka. Bergantung situasi dan kondisi di lapangan. UPT sebagai pengelola selama ini tetap memberlakukan sistem buka dan tutup sementara. Sebab saat musim kemarau berlangsung, di lapangan rawan akan terjadinya kebakaran masih tetap mengintai.

“Untuk jalur pendakian di wilayah kami, tetap memberlakukan sistem buka dan tutup. Apabila dirasa aman dan kondusif maka dibuka, sebaliknya jika tidak pilih ditutup sementara,” imbuhnya.

(br/fun/zal/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia