Jumat, 22 Sep 2017
radarbromo
Ono-ono Ae

Kaget Sekaligus Marah, Dikado Anak dari Istri Siri

Senin, 21 Aug 2017 13:00 | editor : Muhammad Fahmi

ILUSTRASI (Achmad Syaifudin/Jawa Pos Radar Bromo)

Semua orang pasti senang bila dapat hadiah atau kado. Tapi, lain cerita bila kado itu berupa anak. Dari istri siri pula. Pasti kaget sekaligus marah. Itulah yang dirasakan Minthul (nama samaran), warga Beji, Kabupaten Pasuruan.

Minthul tak menyangka bila Tole (juga sama samaran), 48, suaminya, menikah lagi. Menikahnya memang di bawah tangan alias siri. Dari pernikahan tanpa dicatat negara itu, Tole dan istri sirinya dikaruniai anak. Alasan itulah yang akhirnya membuat Minthul menceraikan Tole.

Minthul benar-benar kaget dan kecewa lantaran ada perempuan lain yang berusia lebih muda datang ke rumah dan membawa anak laki-laki berusia 6 tahun. “Saya kaget dia siapa, eh ternyata mengaku bahwa istrinya Tole yang lain,” ungkapnya.

Saat datang ke Minthul, perempuan tersebut ingin memberikan anak dari hasil hubungan sirinya dengan Tole. Tole disebutkan istri sirinya, sudah tidak lagi bertanggung jawab selama setahun ini dengan tidak menafkahi. Karena tak mampu lagi membiayai anak, perempuan itu pun memilih memberikan anak tersebut ke keluarga Tole.

Minthul mengaku kaget dengan penjelasan perempuan tersebut. Padahal selama ini, Minthul memang tidak mengetahui sama sekali jika suaminya memiliki istri lain di luar pernikahan mereka. “Ya, berarti nikah diam-diam. Tole juga mengakui dia hanya nikah siri. Dan, selama ini perempuan itu tahu tentang saya juga,” ungkapnya.

Minthul sendiri mengaku tidak langsung percaya. Tapi, karena istri siri Tole bisa menunjukkan foto mesra dengan suaminya, Minthul sangat kecewa. Hancurlah hati Minthul dengan kenyataan pahit tersebut.

Diakui, Tole memang pintar menyimpan rapat-rapat rahasia tersebut bahkan sampai memiliki anak hingga usia 6 tahun dengan istri sirinya. Jangankan ketahuan, Minthul juga tidak pernah mendengar kabar atau gosip bahwa Tole  menikah lagi.

Usia pernikahan Minthul dan Tole sendiri lebih dari 15 tahun. Mereka sudah dikaruniai 3 orang anak yang masih bersekolah.

Tole memang satu-satunya pencari kerja dan bekerja sebagai kuli bangunan. Meski kuli bangunan, Tole sregep bekerja demi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga mereka. Tole bahkan sering bekerja di luar kota hingga berbulan-bulan.

Namun, selama ini Minthul tak pernah menaruh kecurigaan lantaran tak ada yang berubah. “Termasuk uang dia juga kelihatan jujur dan selalu rutin pulang tiap akhir pekan. Karena itu, selama ini saya gak pernah menaruh curiga,” ungkapnya.

Namun, ternyata kepercayaannya justru disalahgunakan oleh Tole. Hal ini terkuak gara-gara ada perempuan yang datang dan memberikan anak hasil perbuatan Tole. Minthul jelas mencak-mencak dan menghubungi Tole untuk menjelaskan perbuatannya. Karena sedang berada di luar kota. Tole pun langsung pulang ke rumah.

Karena sudah tertangkap basah perbuatannya, Tole pun mau tidak mau mengakui bahwa perempuan tersebut adalah istri siri. “Termasuk anaknya diakui memang hasil dari nikah sirinya. Tapi, saya kecewa karena ternyata selama ini dia berbohong kepada saya,” ungkapnya.

Saat kenyataan itu muncul, pertengkaran besar memang tidak bisa dihindari. Karena kecewa dengan perbuatan suaminya dan terakhir karena Minthul ogah menerima madu termasuk mengasuh anak hasil nikah siri suaminya, Minthul akhirnya menggugat cerai Tole di Pengadilan Agama (PA).

(br/eka/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia