Senin, 25 Sep 2017
radarbromo
Kraksaan

Jatah DAU Berkurang Rp 15,8 M, Ini yang Dilakukan Pemkab Probolinggo

Senin, 21 Aug 2017 13:30 | editor : Muhammad Fahmi

KRAKSAAN - Pemkab Probolinggo menaksir dan mencantumkan angka Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat sekitar Rp 977,5 miliar. Angka itu berkaca pada perolehan DAU tahun 2016. Namun, ternyata tahun ini jatah DAU hanya sekitar Rp 961,7 miliar. Artinya, berkurang sekitar Rp 15,8 miliar.

Informasinya, salah satu perubahan anggaran yang tengah dibahas dalam rancangan Perubahan APBD (P-APBD) 2017 soal berkurangnya jatah DAU untuk Kabupaten Probolinggo. Sebab, pada APBD 2017 pemkab mencantumkan pendapatan daerah dari DAU sekitar Rp 977,5 miliar. Tapi, dalam perjalanan tahun anggaran, Pemerintah Pusat menetapkan adanya pengurangan jatah DAU untuk semua daerah.

Karenanya, Kabupaten Probolinggo hanya mendapatkan jatah sekitar Rp 961,7 miliar. “Kami mengalokasikan jatah DAU sekitar Rp 977,5 miliar, itu mengacu pada pagu DAU 2016. Tapi, ternyata seiring tahun anggaran berjalanan Pemerintah Pusat mengurangi jatah DAU,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono.

Menurutnya, pengurangan jatah DAU itu berlaku untuk semua daerah. Syukur, meski ada pengurangan DAU, pihaknya tidak sampai mengurangi atau membatalkan adanya kegiatan pembangunan infrastruktur.

Semua itu dapat diatasi dengan adanya kelebihan anggaran gaji karena banyak pegawai pensiun dan diambilkan dari sisa lebih penggunaan anggaran (silpa). “Tidak semua daerah yang dapat mengatasi pengurangan DAU. Kami sudah memiliki solusi atas kebijakan Pemerintah Pusat itu,” ujarnya.

(br/mie/mas/mie/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia