Kamis, 21 Sep 2017
radarbromo
Hukum & Kriminal

Tepergok Sekuriti, Sukohadi Ditinggal Dua Teman Mencurinya

Senin, 21 Aug 2017 14:00 | editor : Muhammad Fahmi

DITINGGAL TEMAN: Sukohadi saat diperiksa petugas.

DITINGGAL TEMAN: Sukohadi saat diperiksa petugas. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

GEMPOL - Sukohadi, 36, warga Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, kini harus melewati hari-harinya dari balik jeruji besi. Itu, setelah aksinya membobol pabrik PT Sorini Agro Asia Corp di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, berhasil dipergoki sekuriti setempat.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, aksi pencurian yang dilakukan Sukohadi itu berlangsung Sabtu dini hari (19/8) sekitar pukul 01.30. Saat itu, ia tak sendirian. Ia beraksi bersama dua rekannya yang sampai kini jadi buron. Yakni, Ir dan Ri asal Sidoarjo.

“Aksi pencurian kabel ini berhasil dipergoki sekuriti pabrik setempat. Saat itu juga, seorang pelaku berhasil diamankan, sedangkan dua lainnya kabur. Saat ini masih dalam pengejaran petugas di lapangan,” jelas Kanitreskrim Polsek Gempol Ipda Khoirul.

Tiga pelaku itu masuk ke dalam pabrik dengan cara memanjat pagar belakang lewat pohon keres. Usai masuk ke area pabrik, mereka lantas masuk ke area gas engineering. “Motif kejahatannya, sengaja mencuri kabel untuk dijual. Kemudian, uangnya untuk menutup utangnya selama ini,” bebernya.

Dalam kasus ini, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya satu buah gergaji besi, kabel panel panjang 15 meter dengan diameter 4,5 sentimeter senilai Rp 6 juta.

Kini, baik pelaku maupun barang buktinya. Oleh petugas diamankan di mapolsek setempat. Sedangkan dua pelaku lainnya dalam pengejaran, sejauh ini belum tertangkap.

“Pelakunya kami jerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” jelasnya.

(br/mie/zal/mie/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia