Senin, 25 Sep 2017
radarbromo
Hukum & Kriminal

Berkah HUT RI, Dapat Remisi Langsung Bebas Plus Dapat Uang Saku

Jumat, 18 Aug 2017 06:15 | editor : Muhammad Fahmi

SUJUD SYUKUR: Napi yang dapat remisi langsung bebas, langsung sujud syukur usai keluar dari Lapas Probolinggo, Kamis (17/8). (Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo)

MAYANGAN - Kebahagiaan berlipat dirasakan 13 narapidana Kota Probolinggo yang dapat resmisi hingga langsung bebas, Kamis (17/8). Selain dapat menghirup udara bebas, mereka juga masih mendapat sejumlah “uang saku”. 

Di Lapas Klas IIB Probolinggo, pemberian remisi ini diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini di aula lapas. Dalam sambutannya, Rukmini menjelaskan, bahwa remisi ini merupakan apresiasi pemerintah untuk narapidana yang patuh dalam melaksanakan pembinaan di lapas.

“Warga binaan yang saat ini menjalani pidana penjara, sejatinya sedang mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah. Di dalam lembaga pemasyarakatan ini, ada pembentukan karakter. Menstimulasi narapidana untuk bisa melakukan penyesuaian diri saat kembali ke masyarakat,” ujarnya.

Belasan napi yang mendapatkan remisi bebas, mendapatkan bantuan uang saku untuk kepulangan ke daerah masing-masing sekitar Rp 300 ribu per orang. “Ada juga bantuan dari anggota DPR RI, Habib Hadi Zainal Abidin senilai Rp 2,5 juta dan Bank BRI Rp 1 juta. Ini, dibagi rata masing-masing napi mendapat sekitar Rp 300 ribu untuk uang saku,” jelas Imam Yulianto, Kalapas Probolinggo.

(br/put/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia