Rabu, 18 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Ssstt.. KPU Masih Rahasiakan Sekretaris Terpilih

Sabtu, 12 Aug 2017 15:00 | editor : Muhammad Fahmi

ILUSTRASI

ILUSTRASI (Dok. Jawa Pos)

MAYANGAN - KPU Kota Probolinggo akhirnya memutuskan satu nama untuk menjadi sekretaris lembaga itu. Saat ini, KPU tinggal menunggu SK resmi dari KPU RI tentang pengangkatan sekretaris.

Penegasan itu disampaikan Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo. Sayangnya, Hudri enggan menyebutkan sosok yang terpilih menjadi sekretaris KPU Kota Probolinggo. “Kami masih menunggu SK resmi dari KPU RI dulu,” ujarnya.

Keputusan itu sendiri diawali dengan penyerahan tiga nama aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Probolinggo ke KPU Kota Probolinggo, beberapa waktu lalu. Tiga nama itu lalu diseleksi untuk menjadi sekretaris KPU Kota Probolinggo.

Ketiganya yaitu, Sekcam Wonoasih Parwono, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Dwi Putranto. Dan, Kabag Persidangan di Setwan DPRD Kota Probolinggo Warsito.

“Mereka adalah tiga ASN terbaik yang sudah memenuhi ketentuan yang disyaratkan oleh KPU untuk menjadi calon  sekretaris KPU. Yaitu, ASN Golongan IIIB atau setara kepala bidang,” terang Rachmadeta Antariksa, kepala BKPSDM Kota Probolinggo.

Setelah menyerahkan nama itu, menurut Deta (panggilan Rachmadeta Antariksa), proses assessment dilakukan oleh KPU. Assessment dilakukan untuk menilai siapa yang sesuai menjadi sekretaris KPU.

“Pemkot hanya sebatas menyerahkan pegawai yang sesuai dengan persyaratan KPU,” ujarnya.

Ketua KPU Kota Probolinggo Hudri menegaskan, setelah diserahkan tiga nama itu, KPU menggelar pleno. Kemudian, dilakukan tahapan assessment di internal KPU untuk memilih satu nama sebagai sekretaris KPU.

“Nama tersebut sudah disampaikan ke Sekjen KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur. Pengajuan nama itu untuk pengesahan sekretaris KPU. Baru setelah itu dilakukan pelantikan di Surabaya,” ujarnya.

(br/put/mie/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia