Sabtu, 21 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Perpustakaan Probolinggo Diperluas hingga Sekretariat Pramuka

Sabtu, 12 Aug 2017 06:35 | editor : Muhammad Fahmi

DIPERLUAS: Perpustakaan Kota Probolinggo.

DIPERLUAS: Perpustakaan Kota Probolinggo. (Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo)

MAYANGAN - Dinilai belum memiliki luas ideal, tahun 2018, Perpustakaan Kota Probolinggo akan diperluas. Idealnya, luas perpustakaan sekitar 600 meter persegi, namun saat ini luas perpustakaan kota hanya 120 meter persegi.

“Jadi, tahun depan perpustakaan akan kami perluas sampai ideal,” terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo, Sariadi.

Sama seperti saat ini, perluasan gedung perpustakaan akan dibuat dua lantai. Perluasannya sendiri rencananya akan dilakukan sampai ke ruangan yang kini ditempati sekretariat Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo.

Namun, belum bisa dipastikan apakah sekretariat Pramuka akan pindah setelah terdampak perluasan gedung perpustakaan. “Bisa saja tetap di sana setelah perluasan. Memang ada rencana dipindah ke kantor BPBD lama, tapi di sana masih rusak,” ujarnya.

Setelah diperluas, sejumlah fasilitas di perpustakaan, menurut Sariadi, juga akan ditambah. Seperti, Pojok LIPI tempat pengunjung bisa membaca buku-buku LIPI.

Selain itu, juga akan disediakan ruang lobi untuk pengunjung. Ruang ini bisa dimanfaatkan orang tua yang mengantar anaknya ke perpustakaan.

“Jadi, bisa digunakan untuk menunggu anaknya di lobi yang dilengkapi dengan wifi,” ujarnya.

Sariadi memperkirakan, butuh anggaran di atas Rp 200 juta untuk perluasan ini. Karena itu, pengerjaan tidak akan dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip. Melainkan dilakukan Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkot setempat.

(br/put/mie/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia