Senin, 23 Oct 2017
radarbromo
icon featured
Pandaan

Ini Tarif Ruas Tol Gempol-Beji

Jumat, 11 Aug 2017 05:27 | editor : Fandi Armanto

BAYAR: Pengendara mobil mengambil tiket sebelum melintas di tol Gempol-Beji, Kamis (10/8) pagi.

BAYAR: Pengendara mobil mengambil tiket sebelum melintas di tol Gempol-Beji, Kamis (10/8) pagi. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

GEMPOL - Sejak Kamis (10/8), pengendara yang melintasi ruas tol Gempol-Beji mulai dikenai tarif resmi. Tarif resmi itu dikeluarkan setelah turunnya SK Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera).

Meski dikenai tarif, kondisi ruas jalan tol ini tak jauh berbeda dengan saat digratiskan. Sama-sama masih sepi karena belum banyak pengendara yang memanfaatkan ruas jalan tol ini. 

Dihari perdana sejak diberlakukan tarif, Jawa Pos radar Bromo memantau kendaraan yang lalu lalang terbilang sepi. Bahkan tak seramai ruas jalan tol Gempol-Pandaan. Hanya beberapa kendaraan saja yang melintas. Itupun jaraknya panjang, dan intervalnya waktunya cukup lama.

“Kendaraannya yang masuk dan keluar di ruas jalan tol ini belum ramai. Dari Kamis dinihari hingga sore hari, sekitar 770 kendaraan saja. Sampai dengan malam maksimal kurang lebih 1000 kendaraan,” tukas humas PT. Transmarga Jatim Pasuruan Rudi Purwanto.

Adapun yang melintas masih didominasi kendaraan golongan satu. Seperti mobil dan minibus. Sebaliknya, golongan II – V sangat jarang. Kondisi seperti ini, dikatakan Rudi, adalah hal yang lumrah. Pasalnya, ruas jalan tol Gempas belum tuntas tergarap. Baik seksi dua dan tiga. Sebaliknya, masih di seksi satu satu saja.

“Tak perlu heran, biasa saja. Karena fisiknya hanya seksi satau saja yang tuntas. Namun, seksi dua dan tiganya belum. Tapi kalau sudah tersambung semua secara keseluruhan, tol Gempas ini pasti ramai,” jelasnya.

Besaran Tarif Tol Segmen Gempol-Bangil

Golongan I: Rp 7.000 (sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus)

Golongan II: Rp 11.000 (truk dengan dua gandar)

Golongan III: Rp 14.000 (truk dengan tiga gandar)

Golongan IV: Rp 18.000 (truk dengan empat gandar)

Golongan V: Rp 22.000 (truk dengan lima gandar atau lebih)

Sumber: PT. Transmarga Jatim Pasuruan

(br/zal/fun/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia