Sabtu, 25 Nov 2017
radarbojonegoro
icon-featured
Bojonegoro

Oalah... Kades Kuniran Setor ke Kades Sedah Kidul

Rabu, 15 Nov 2017 07:00 | editor : Ebiet A. Mubarok

ilustrasi kades ditangkap

ilustrasi kades ditangkap (Ainur Ochiem/Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO – Teka-teki siapa orang yang disetori dana oleh kepala desa (kades) Kuniran Kecamatan Purwosari Masyudi akhinya terjawab. Selama ini, uang yang diperoleh Masyudi dari sejumlah calon perangkat mengalir ke Kades Sedah Kidul M.Choirul Huda.

‘’Iya, yang disetori oleh Kades Kuniran adalah Kades Sedah Kidul,’’ ungkap Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro. 

Namun, hingga kemarin Choirul Huda masih belum berstatus sebagai tersangka. Meskipun polisi sudah dua kali melakukan pemeriksaan.

Yaitu, pada 10 dan 13 November lalu. Pada pemeriksaan kedua, M. Choril Huda hanya dimintai keterangan tambahan. ‘’Hingga saat ini statusnya masih saksi,’’ ungkap Wahyu.

Wahyu menjelaskan, pada pemeriksaan pertama 10 November lalu, Choirul Huda diperiksa dengan lima kades lainnya.

Yaitu, dimintai keterangan terkait dengan kasus yang menjerat Kades Kuniran Masyudi.

‘’Setelah kami lakukan penyidikan, diketahui bahwa aliran dana Kades Kuniran mengalir ke Kades Sedah Kidul,’’ jelasnya.

Kades Sedah Kidul selama ini cukup getol menolak hasil seleksi perangkat desa. Sebab, seleksi tersebut dinilai tidak sesuai perda.

Terutama, soal scanner lembar jawaban computer (LJK) yang tidak tertera di perda. Hal itu, disampaikan saat pertemuan antara kades dan Komisi A baru-baru ini.

Dari hasil pemeriksaan, sejumlah uang yang diterima Choirul Huda sudah dikembalikan. Namun, masih ada sejumlah uang yang hingga kini masih ditelusuri keberadaannya. 

Polisi diagendakan memeriksa sejumlah kades lagi. Kemarin, ada lima kades lagi yang diperiksa. Dari total 11 kades diperiksa dalam dua tahap. Yaitu, Senin dan Selasa. 

Wahyu menjelaskan, pemeriksaan kades-kades tergantung hasil penyidikan. Jika, hasil penyidikan mengembang lagi, maka pemeriksaan terhadap kades akan terus dilakukan. 

Sejauh ini, yang dijadikan tersangka dan sudah ditahan adalah Kades Kuniran Masyudi.

Namun, Kapolres memastikan masih akan ada sejumlah tersangka lainnya dalam kasus tersebut. Sebab, dalam kasus ini Kades Kuniran tidak sendirian. 

(bj/zim/nas/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia