Rabu, 13 Dec 2017
radarbojonegoro
icon featured
Events

Dompet Sosial Al Uswah : Dari Al Uswah untuk Tuban

Rabu, 20 Sep 2017 07:05 | editor : Ebiet A. Mubarok

Direktur Dompet Sosial Al Uswah Ratna Dwi Kartika.

Direktur Dompet Sosial Al Uswah Ratna Dwi Kartika. (Dokumen Pribadi)

Dompet Sosial Al Uswah (DSU),  salah satu divisi Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban mempunyai banyak program sosial yang didedikasikan untuk meringankan beban masyarakat di Tuban.

DSU menggunakan prinsip take and share. Segala sumbangan dari internal sekolah maupun donatur langsung disalurkan ke berbagai program.

Direktur DSU Ratna Dwi Kartika menjelaskan, ada sepuluh program unggulan yang rutin digulirkan dari sumbangan para donatur.

Tebar Kurban yang rutin dilakukan DSU tiap Idul Adha.

Tebar Kurban yang rutin dilakukan DSU tiap Idul Adha. (Dokumen Pribadi)

Selain sumbangan yang langsung didistribusikan kepada yang membutuhkan, bantuan sosial yang diterima DSU juga untuk pemberdayaan wirausaha agar masyarakat berkembang.

‘’Yang hanya bisa dibantu ya kami bantu, yang masih bisa berusaha kami berdayakan,’’ tutur dia.

Ratna menuturkan, berkat sumbangan donatur, Idul Adha tahun ini DSU sukses menyalurkan 5 sapi dan 104 kambing untuk warga pada 17 kecamatan di Tuban.

Juga, beberapa tangki truk air untuk daerah kekeringan. Selain bantuan untuk masyarakat Tuban, DSU juga rutin menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga negara tetangga yang terkena musibah, seperti Rohingya dan Palestina.

Mantan Direktur LPIT Al Uswah itu mengatakan, DSU terbuka lebar untuk para dermawan yang hendak infaq, sedekah, dan zakat.

Untuk pendistribusian zakat maal maupun fitrah, DSU langsung turun ke lapangan untuk mengantarkan langsung hingga ke depan pintu rumah penerima.

‘’Selebihnya yang membutuhkan, langsung mengambil di kantor DSU,’’ tambah wanita yang tinggal di Kelurahan Latsari, Kecamtan Tuban itu. 

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia