Rabu, 20 Sep 2017
radarbojonegoro
Peristiwa

Hendak Padamkan Kebakaran, Damkar Terguling

Senin, 11 Sep 2017 07:15 | editor : Ebiet A. Mubarok

EVAKUASI: Truk pemadam kebakaran BPBD Tuban yang terguling di jalan Tuban-Widang, persisnya di Desa Tunah, Kecamatan Semanding kemarin (10/9).

EVAKUASI: Truk pemadam kebakaran BPBD Tuban yang terguling di jalan Tuban-Widang, persisnya di Desa Tunah, Kecamatan Semanding kemarin (10/9). (Istimewa)

TUBAN – Dalam perjalanan menuju lokasi kebakaran di wilayah Kecamatan Plumpang, kemarin (10/9) sekitar pukul 10.00.

Mobil pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban  nopol S 8229 EP yang mengalami kecelakaan di kilometer (Km) 6-7 jalan Tuban-Widang, persisnya di Desa Tunah, Kecamatan Semanding. Akibat insiden tersebut, damkar terguling.

Kepala BPBD Tuban  Joko Ludiyono menjelaskan, ketika melintas di jalan Tuban-Widang, damkar dengan empat awak itu menyalakan sirine tanda darurat.

Tujuannya, agar jalan dibuka. Namun, di antara sejumlah pengguna jalan, kata Joko, sebuah tronton tidak mau memberi jalan bagi damkar untuk lewat.

Ketika damkar hendak menyalip, tronton ikut tancap gas. Damkar pun terus tancap gas hingga melintasi jalan yang berlubang dan mengakibatkan mobil ini terguling.

‘’Tronton itu belum diketahui identitasnya,’’ tutur dia. Mendapat laporan damkarnya terguling, Joko langsung turun ke tempat kejadian perkara (TKP) bersama tim medis.

Ketika dievakuasi, satu anak buahnya mengalami patah tulang. Sementara tiga petugas lainnya hanya luka ringan. Joko memastikan, damkar tersebut masih bisa beroperasi. ‘’Hanya lecet, tangki tidak bocor,’’ tambah dia.

Agar memudahkan evakuasi, air sebanyak 3.000 liter di dalam tangki, dikosongkan. Berikutnya dipanggil mobil derek untuk evakuasi.

Selama berlangsung evakuasi yang memakan waktu satu jam, arus lalu lintas tersendat dan diberlakukan sistem buka-tutup. 

Mantan camat Widang ini menyayangkan kesadaran pengguna jalan yang tidak mengutamakan damkar. ‘’Sudah ada bunyi sirine, tapi ada pengguna jalan yang tidak menggubris,’’  tegas dia. 

Kanitlaka Satlantas Polres Tuban Iptu Nungky Sambodo mengatakan, terkait kecelakaan tersebut, anggotanya masih mengumpulkan saksi-saksi untuk mencari keberadaan tronton yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas tersebut.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia