Minggu, 24 Sep 2017
radarbojonegoro
Features

Amati Bintang Lewat Atap Rumah Tetangga, Bisa Jadi Juara Olimpiade Lho

Jumat, 08 Sep 2017 06:50 | editor : Ebiet A. Mubarok

MEMBANGGAKAN : Meida, pelajar SMAN 1 Tuban yang sering menjuarai Olimpiade Astronomi.

MEMBANGGAKAN : Meida, pelajar SMAN 1 Tuban yang sering menjuarai Olimpiade Astronomi. (Yudha Satria Aditama/Radar Tuban)

Senyum Meidani Nuzul Tri Pamungkas langsung merekah ketika  bertemu Jawa Pos Radar Tuban di ruang tamu sekolah kemarin (7/9) siang.

Remaja yang akrab disapa Meida itu terlihat supel dan murah senyum selama menjawab beberapa pertanyaan. Dia begitu gamblang dan lancar menceritakan pengalamannya dalam menorehkan prestasi selama ini.

Perlu perjuangan ekstra untuk bisa berprestasi menjadi juara olimpiade nasional. Seperti yang dilakukan Meida, misalnya. Untuk menguasai Astronomi, dia harus belajar ekstra, tekun, dan disiplin tinggi.

Hal itu cukup dimaklumi. Itu karena tidak ada mata pelajaran (mapel) Astronomi di sekolahnya. Jika pun diajar, itu hanya pengetahuan dasar. Berikutnya siswa yang mengikuti olimpiade harus berusaha menggali sendiri. 

Pelajar kelas XII itu merupakan peraih juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Astronomi Jawa Timur 2017 di Batu. Juara pertama yang diraihnya itu menjadi tiket untuk berkompetisi di level nasional.

Pada OSN level nasional pertengahan tahun ini, Meida berhasil meraih medali perak. Dia yang menjadi perwakilan Jawa Timur itu berhasil menyingkirkan ratusan peserta lain dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kini, pelajar asal Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding itu tengah berkompetisi agar menjadi perwakilan Indonesia pada kompetisi sains internasional yang dihelat di Sri Lanka tahun depan.

Meida menjelaskan, kini dia bersama 30 siswa perwakilan masing-masing provinsi dihadapkan beberapa seleksi untuk menjaring yang terbaik. ‘’Sekarang 30 orang berlomba agar menjadi 5 besar untuk perwakilan Indonesia di ajang internasional,’’ jelasnya.

Selengkapnya Baca di Koran Jawa Pos Radar Bojonegoro hari ini...

(bj/yud/jar/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia