Sabtu, 25 Nov 2017
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi

Musim Kemarau, Kulkas Diserbu

Kamis, 07 Sep 2017 07:20 | editor : Ebiet A. Mubarok

TETAP TINGGI: Salah satu karyawan toko elektronik menunjukkan lemari es yang penjualannya masih tinggi.

TETAP TINGGI: Salah satu karyawan toko elektronik menunjukkan lemari es yang penjualannya masih tinggi. (Yudha Satria Aditama/Radar Tuban)

TUBAN – Ketika musim kemarau, hampir dipastikan penjualan elektronik bertumpu pada kulkas dan air conditioner (AC). Namun kemarau tahun ini hanya mendongkrak penjualan lemari es saja. Penjualan AC tidak begitu banyak. Penjualan kulkas meningkat drastis hingga dua kali lipat jika dibandingkan ketika musim hujan.

Widyawati, kasir salah satu toko elektronik mengatakan, elektronik kini menjadi kebutuhan yang pasti diincar rumah tangga. Sehingga penjualannya dipastikan selalu di atas rata-rata tiap bulannya. Hanya, penjualan perkakas rumah tangga itu tergantung musim. ‘’Kalau kemarau pasti penjualan terbanyak masih kulkas, terutama yang dua pintu,’’ kata dia kemarin (6/9).

Sejak tiga bulan terakhir, elektronik masih ditopang oleh penjualan lemari es. Jika musim hujan, rata-rata per bulan toko bisa menjual lima hingga enam unit lemari es. Sementara jika musim kemarau, penjualan hingga belasan unit. Terlebih jika menjelang bulan puasa, penjualan bisa hingga tiga kali lipat dari rata-rata penjualan. ‘’Selain untuk rumah tangga, kulkas juga untuk bisnis,’’ tambahnya.

Meski ada peningkatakan penjualan, harga tidak naik begitu saja. Biasanya kenaikan harga diberlakukan karena ditentukan oleh produsen. Widya mengatakan, kenaikan harga kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu juga ditentukan dari merek dan tipe barang. ‘’Harga tidak terlalu jadi masalah konsumen elektronik,’’ tambah wanita asal Kecamatan Semanding tersebut.

Segmen pembeli, kata Widya, merata dari berbagai kalangan. Baik dari pendatang maupun orang asli Tuban. Itu karena elektronik terus berkembang, sehingga banyak yang mengganti elektronik lamanya dengan produk baru. Terlebih ada finance yang menawarkan penjualan elektronik sistem kredit yang diminati pembelian dalam jumlah besar. 

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia