Senin, 22 Jan 2018
radarbojonegoro
Bojonegoro Kota

Kantor Imigrasi Tak Perlu Izin Baru

Sabtu, 20 May 2017 09:00

Kantor Imigrasi Tak Perlu Izin Baru

MENGINDUK: Kantor layanan imigrasi yang dulunya kantor dinas kehutanan dan perkebunan. (M. Nurcholis/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO – Kantor Unit Layanan Imigrasi Bojonegoro yang menginduk pada Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya tak perlu izin baru.

Sebab, kantor unit layanan itu akan menempati kantor lama milik pemkab, yakni bekas kantor dinas kehutanan dan perkebunan (dishutbun) di Jalan Patimura.

’’Karena kantornya kan sudah ada, tinggal pengembangan saja. Jadi, saya kira tidak perlu izin baru,’’ ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas Penanaman Modal dan PTSP) Kamidin Jumat(19/5).

Izin yang biasanya menyertai pembangunan baru adalah izin mendirikan bangunan (IMB) atau izin gangguan (HO).

Karena kantor itu sudah lama, dua izin itu diperkirakan sudah ada. Jika misalnya belum, bisa diurus. Karena kantor yang dipakai milik pemkab, koordinasi cukup dengan dinas yang menangani aset.

’’Mungkin koordinasinya ke sana, karena urusan aset. Yang jelas, sampai sekarang belum ada izin yang masuk ke kita,’’ tambahnya.

Hanya, dengan keberadaan layanan imigrasi di Bojonegoro, Kamidin berharap iklim investasi ke Bojonegoro semakin deras. Sebab, ada banyak keuntungan yang ditawarkan.

Untuk mengurus dokumen imigrasi tidak perlu jauh-jauh ke Madiun atau Surabaya yang ada layanan imigrasi. 

Hal itu bisa memangkas biaya, khususnya biaya transportasi. Selain itu, pemkab juga menawarkan banyak paket investasi yang menguntungkan pengusaha.

Di antaranya, kemudahan perizinan dan pajak. ’’Kebijakan pemkab memang seperti itu. Kami ingin melayani investor sebaik mungkin,’’ katanya.

Diberitakan sebelumnya, tak lama lagi di Bojonegoro didirikan unit layanan imigrasi yang akan melayani pembuatan dokumen imigrasi.

Hal itu hasil kerja sama Pemkab Bojonegoro dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Perjanjian itu sudah ditandatangani Bupati Bojonegoro Suyoto bersama Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie di kantor pemkab beberapa hari lalu.(ono/nas)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia