Senin, 22 Jan 2018
radarbojonegoro
Bojonegoro Kota

Membahayakan, Pohon Penghijauan Dirapikan

Jumat, 19 May 2017 09:00

Membahayakan, Pohon Penghijauan Dirapikan

RAPI DAN TIDAK BERBAHAYA : Tim Kebersihan Dinas LH saat memangkas pohon di sekitar Pasar Bojonegoro (Sri Wiyono/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO – Pohon penghijauan di pinggir jalan dirapikan, karena dinilai membahayakan pengguna jalan dan orang yang beraktivitas di bawahnya.

Seperti batang-batang pohon trembesi dan lamtoro di sepanjang jalan di Pasar Kota Bojonegoro.

’’Kami merespons aduan warga. Sebelumnya warga melapor dan minta pohon-pohon ini dirapikan,’’ ujar Kepala Seksi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro Marfu’ah saat ditemui di lokasi Kamis (18/5).

Dia mengatakan, dahan-dahan pohon trembesi memang mudah patah, terlebih jika diterjang angin kencang.

Sementara, saat ini adalah masa perubahan cuaca dari musim penghujan menuju musim kemarau yang biasanya ditandai dengan datangnya angin kencang.

’’Sebelum menimbulkan korban, kita pangkas dulu batang-batangnya yang menjulur ke jalan raya,’’ tambahnya.

Selain di sekitar pasar kota, Marfu’ah mengatakan, hal yang sama dilakukan di ruas-ruas jalan lain. Dia punya tim khusus yang terus patroli untuk mengecek kondisi pohon-pohon peneduh itu.

’’Jika dinilai sudah membahayakan, akan kita pangkas. Selain itu, kami juga menerima banyak aduan dari masyarakat yang minta pohon-pohon di lingkungannya dipangkas. Ya itu kita lakukan, seperti sekarang ini,’’ katanya.

Sebelum kegiatan, pihaknya koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro.

Sebab, kegiatan yang dilakukan cukup lama, sehingga harus menutup jalan. Selain itu, juga koordinasi dengan paguyuban pedagang. Satu truk sebagai tangga hidrolik diturunkan, serta satu truk angkut.

Anggota tim tersebut berbagi tugas. Dua orang bertugas naik ke tangga hidrolik dan memangkas di atas, sedangkan petugas yang lain membersihkan sisa potongan dan mengangkut ke atas truk.

Juga ada petugas yang mengoperasikan tangga hidrolik tersebut. (ono/nas) 

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia