Kamis, 26 Apr 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Info Rumah Sakit

Mampu Deteksi Epilepsi hingga Parkinson

Selasa, 20 Mar 2018 08:05 | editor : AF. Ichsan Rasyid

TERBARU: Dokter Indah Ari Handayani SpS melakukan pemeriksaan saraf otak dengan alat Electro Encephalography (EEG) di RSUD Blambangan.

TERBARU: Dokter Indah Ari Handayani SpS melakukan pemeriksaan saraf otak dengan alat Electro Encephalography (EEG) di RSUD Blambangan. (RSUD BLAMBANGAN FOR JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI - RSUD Blambangan melakukan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan. RSUD terus melakukan perbaikan dan berbenah baik dari sumber daya manusia maupun sarana prasarana.

Sebagai RSU tipe B dan terakreditasi paripurna, RSUD Blambangan harus mempunyai ruangan untuk penyelenggaraan pelayanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat, penunjang medik, dan nonmedik yang lengkap serta komprehensif.

Salah satunya yaitu dengan melengkapi pelayanan penunjang medik. Berbagai jenis pelayanan penunjang medik mutakhir sudah tersedia. Peralatan tersebut meliputi pelayanan pemeriksaan USG 4 Dimensi, X-Ray, CT Scan, EKG (Electrocardiogram), Ecocardiography, dan EEG (Electro Encephalography).

Salah Satu yang terbaru dari pelayanan di RSUD Blambangan yakni EEG. Alat Electro Encephalography ini untuk pemeriksaan saraf otak dengan merekam gelombang-gelombang otak. EEG adalah pemeriksaan penunjang yang sangat diperlukan di bagian saraf untuk menentukan adanya kelainan gelombang di otak secara fungsional.

Perekaman dilakukan dengan menempelkan elektroda di kulit kepala secara beraturan. Waktu perekaman kira-kira selama 30-45 menit. Tetapi dapat juga dilakukan perekaman lebih lama lagi pada kasus-kasus tertentu. Selama pemeriksaan EEG, biasanya pasien diminta rileks. Pernapasan pasien diharapkan tenang, tidak usah takut karena tidak ada rasa sakit/bahaya yang ditimbulkan pada perekaman.

Pemeriksaan EEG dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan-kelainan seperti epilepsi, kejang dengan demam, atau kejang tanpa demam, sakit kepala menahun, migrain, radang otak, gegar otak, stroke, pikun, penyakit Parkinson, susah tidur, dan tumor otak.

Untuk melakukan pemeriksaan EEG ini cukup mudah. Silakan datang ke RSUD Blambangan dan daftar di Poli Saraf. Anda akan dianamnesa dan diperiksa oleh Dokter Spesialis Saraf dan akan dijadwalkan untuk pemeriksaan EEG tersebut. Saat melakukan pemeriksaan EEG Anda akan didampingi langsung oleh Dokter Spesialis Saraf dan Perawat yang telah mengantongi sertifikasi pelatihan EEG.(bay)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia