Minggu, 17 Dec 2017
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Tabrakan Beruntun, Jalur Rogojampi Mengular 3 Kilometer

Kamis, 07 Dec 2017 16:25 | editor : Ali Sodiqin

HANCUR: Bus AKAS jurusan Muncar-Surabaya remuk di bagian depan usai tabrakan di simpang tiga traffic light Rogojampi.

HANCUR: Bus AKAS jurusan Muncar-Surabaya remuk di bagian depan usai tabrakan di simpang tiga traffic light Rogojampi. (Bagus Rio/JawaPos.Com/RadarBanyuwangi)

ROGOJAMPI-Tabrakan beruntun hingga membuat jalur utama jurusan Banyuwangi-Surabaya macet total, terjadi di jalan raya simpang tiga, tepatnya traffic light Lincing, Desa/Kecamatan Rogojampi, Rabu (6/12).

Dalam kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.50 itu, ada lima kendaraan yang terlibat tabrakan. Kelima kendaraan itu, adalah Bus Akas dengan nomor polisi (Nopol) N 7260 US, truk boks nopol P 8101 VC, Mitsubishi pikap L300 nopol P 8114 VO, Daihatsu pikap nopol P 8989 VD, dan motor Yamaha Exride Nopol P 6061 YR. “Satu bus, tiga kendaraan roda empat, dan satu motor,” terang Kanitlantas Polsek Rogojampi, Ipda Heru Slamet melalui Kapos Jaga KTL Rogojampi, Iptu Jamal.

Menurut Jamal, tabrakan beruntun yang terjadi pada pukul 08.50 itu bermula mobil pikap L300 yang disopiri Asmuni, 20, warga Dusun Cungkingan, Desa Badean, Kecamatan Kabat, dan truk box yang disopiri Joni Efendi, 39, warga Denpasar, Bali, melaju dari arah utara. Setiba di jalan simpang tiga traffic light Lincing, Desa/Kecamatan Rogojampi, kedua kendaraan itu berhenti. “Lampu sedang merah, pikap L300 dan truk boks yang meluncur dari arah utara berhenti,” katanya.

Saat kedua mobil itu berhenti, terang dia, dari arah belakang meluncur bus Akas yang disopiri Samsul Arifin, 39, warga Kecamatan Mayangan, Kabupaten Probolinggo. Setiba di traffic light, bus ini tidak berhenti dan langsung menabrak truk boks yang ada di depannya. “Bus menabrak truk boks, lalu truk boks menabrak mobil pikap L300 yang ada di depannya,” terangnya. 

Saat ditabrak bus, lanjut dia, truk boks yang sempat menabrak pikap L300 yang ada di depannya itu sampai bergerak ke kanan dan menabrak Daihatsu pikap yang disopiri Imam Syafi’I, 28, warga Kabupaten Malang. “Mobil pikap yang disopiri Imam Syafi’I ini melaju dari arah selatan dan ditabrak truk boks,” cetusnya.

Bukan hanya truk boks, pikap L300 yang ditabrak truk boks itu juga sempat jalan dan belok ke kanan hingga menabrak motor Yamaha Exride yang dinaiki Nur Wahid, 30, warga Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Saat kejadian, pengendara motor ini melaju dari arah selatan. “Saat motor melaju dari selatan, langsung ditabrak mobil pukap L300,” bebernya.

Dalam kecelakaan ini, hanya pengendara motor yang terluka karena sempat terpental dari motornya. Sedang para sopir kendaraan dan 10 penumpang bus Akas semua selamat. “Pengendara motor terluka dan pingsan, oleh warga dilarikan ke PKU Muhammadiyah Rogojampi,” katanya.

Ditanya penyebab tabrakan beruntun itu, Jamal mengaku masih melakukan penyelidikan. Hanya saja, kecelakaan itu diduga akibat sopir bus yang tidak fokus. “Sopir busa sepertinya kelelahan,” cetusnya.

Kecelakaan di jalur utama jurusan Banyuwangi-Jember, itu sempat membuat jalan raya macet. Malahan, antrean panjang sempat terjadi hingga tiga kilometer. “Kecelakaan ini di tengah jalan simpang tiga, jalan ya macet,” ungkapnya.

Untuk keperluan penyelidikan, semua kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu untuk sementara diamankan di Pos Lantas Polsek Rogojampi. “Sopir kendaran kita periksa semua,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng.

MENGULAR: Antrean kendaraan saat terjadi tabrakan beruntun di jalan simpang tiga Rogojampi

MENGULAR: Antrean kendaraan saat terjadi tabrakan beruntun di jalan simpang tiga Rogojampi (Bagus Rio/JawaPos.Com/RadarBanyuwangi)

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia