Senin, 20 Nov 2017
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

IAI Ibrahimy dan PSA Sosialisasi MEA

Rabu, 15 Nov 2017 15:15 | editor : AF. Ichsan Rasyid

FOTO BERSAMA: Peserta sosialisasi dan dialog tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang di auditorium KHR. Asyad Syamsul Arifin IAI Ibrahimy Genteng.

FOTO BERSAMA: Peserta sosialisasi dan dialog tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang di auditorium KHR. Asyad Syamsul Arifin IAI Ibrahimy Genteng. (SHULHAN HADI/JPRG)

GENTENG-Puluhan aparatur desa yang juga mahasiswa IAI Ibrahimy Genteng mengikuti sosialisasi dan dialog tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang di auditorium KHR. Asyad Syamsul Arifin IAI Ibrahimy Genteng kemarin (14/11).

Acara yang bertajuk heads of village diaog forum, ASEAN Goes to Village, itu hasil kerjasama IAI Ibrahimy Genteng bersama Pusat Studi ASEAN (PSA) Universitas Negeri Jember (Unej) yang berada di bawah naungan Centre For Research Social Sciences and Humanities (C-RiSSH) bersama direktorat kerjasama ASEAN dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Rektor t IAI Ibrahimy, Genteng, Kholilur Rahman, meminta acara ini memilki tindak lanjut dari kedua lembaga. PSA melibatkan IAI Ibrahimy dalam kegiatan penelitian dan pengembangan, terutama yang menyangkut isu desa dan ASEAN. Apalagi saat ini kampusnya memilki jurusan dan mahasiswa dari kalangan aparatur desa. “Kita berharap ada MoU dengan PSA, kalau ada penelitian dilibatkan,” harapnya.

Tidak hanya itu, Gus Lilur, sapaan Kholilur Rahman juga berharap PSA dan IAI Ibrahimy memiliki kerjasama dalam peningkatan kulitias dosen dan tenaga kependidikan lainnya. “Kita juga berharap ada pengembangan dan peningkatan SDM dosen,” pintanya.

Sementara itu, Piji Wahono selaku penaggung jawab PSA, mengatakan kemungkinan kerjasama lanjutan antara PSA dengan civitas akademika IAI Ibrahimy Genteng itu sangat memungkinkan. “Kerjasama riset bisa saja (IAI Ibrahimy) dilakukan, kita join riset,” ucapnya seraya menyebut salah satu bentuk nyata dari kerjasama ini menggelar kegiatan ilmiah seperti seminar bersama.

Untuk ke depan, lanjut dia, PSA akan melakukan eksentifikasi dengan melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah, seperti Kabupaten Bondowoso dan Situbondo. Selain itu, untuk  penguatan internal PSA, juga akan melakukan intensifikasi. “Kita akan roadshow ke beberapa daerah untuk pendalaman,” jelasnya.

Puji menyampaikan kegiatan ini kali pertama di Indonesia, dan Ibrahimy sebagai tuan rumah. Dia menjanjikan kemungkinan besar pelibatan Ibrahimy dalam setiap kegiatan sangat  besar. “Ini karena IAI Ibrahimy yang pertama tertarik dengan ini,” jelasnya.

Penanggung jawab C-RiSSH, Himawan Bayu Patriadi, mengungkapkan acara yang digagas PSA ini langkah untuk menyebarkan informasi mengenai perkembangan MEA yang terkini. Acara ini digelar dengan menggandeng aparatur desa sebagai peserta, karena ke depan desa dan masyatakat di desa tidak bisa dilepaskan dari perkembangan ASEAN, baik sebagai masyarakat, politik, dan keamanan. “Juga masyarakat ekonomi ASEAN dan masyarakat sosisal budaya,” terangnya. 

Para aparatur desa, lanjut dia, diharapkan memahami secara garis besar pengaruh perekonomian di ASEAN, seperti menjamurnya produk kompor baik olahan maupun komoditas pertanian yang kini membanjiri pasar, dan berdampak langsung dengan perekonomian masyarakat. “Setidaknya tahu, agar tidak kaget melihat pasar dipenuhi komoditas impor,” jelasnya.(sli/abi)

(bw/sli/ics/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia