Kamis, 14 Dec 2017
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

22 LO Siap Dampingi Pembalap Tour de Ijen

Rabu, 20 Sep 2017 14:30 | editor : Ali Sodiqin

PEMBEKALAN: Sebanyak 22 Liaison Officer yang akan mendampingi pembalap ITdBI akhir bulan ini.

PEMBEKALAN: Sebanyak 22 Liaison Officer yang akan mendampingi pembalap ITdBI akhir bulan ini. (AEKANU HARIYONO FOR RaBa)

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi tahun ini kembali menyediakan layanan Liaison Officer (LO) untuk mendampingi para pembalap asing yang akan berlaga di International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017. Kemarin (18/9), 22 LO diberi pembekalan oleh koordinator LO dan Dispora Banyuwangi sebelum disebar untuk mendampingi tim-tim peserta.

Koordinator LO, Aekanu Haryono mengatakan, sebelumnya ada 38 pelamar untuk posisi LO ITdBI. Namun, setelah diseleksi dan disesuaikan dengan kebutuhan, ada 22 LO yang dipastikan untuk mendampingi para pembalap. “Kemarin open recruitment sejak tanggal 5-9 September. Konsepnya adalah volunteer LO. Jadi kita mencari sukarelawan yang siap untuk ditugaskan menjadi pendamping bagi pembalap,” ujarnya.

Untuk menjadi LO sendiri, menurut Aekanu, bukan asal wanita yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar saja. Tetapi juga mereka yang memiliki jiwa untuk bisa melayani dan rela mengorbankan waktunya untuk mendampingi para pembalap. Karena itu, selain tes lisan, para calon LO sebelumnya juga diberi tes psikologi untuk memastikan kesiapan mereka.

Nantinya, para LO itu akan bertugas untuk mendampingi tim sejak tim datang ke Banyuwangi. Kemudian, keseharian di Banyuwangi hingga usai balapan ITdBI. “Makanya kita minta mereka membawa izin dari orang tua dan tambahan izin dari suami bagi yang sudah menikah. Karena nanti mereka 24 jam akan mendampingi mereka,” ujarnya.

Terkait kualitas para LO sendiri, Aekanu melihat, jika LO yang terseleksi tahun ini terlihat lebih bersemangat dari tahun sebelumnya. Karena separuh dari LO yang ada saat ini adalah tenaga baru. “Kita kombinasikan LO lama dan yang baru. Jadi 11 LO lama dan 11 lagi LO baru. Ditambah satu koordinator LO dan satu wakil koordinator. Semoga nanti di lapangan kinerja mereka juga memuaskan seperti semangatnya,” pungkas Kasi Seni dan Budaya Dispar itu. (fre/als/c1)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia