Senin, 23 Oct 2017
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan
RS Al Huda Genteng

Ribuan Perempuan Sukses Operasi KB Steril

Dukung Pemerintah Atasi Ledakan Penduduk

Rabu, 20 Sep 2017 09:35 | editor : Ali Sodiqin

PROGRAM PEMERINTAH: Petugas melayani pemeriksaan dan layanan program Keluarga Berencana (KB) di RS Al Huda Genteng.

PROGRAM PEMERINTAH: Petugas melayani pemeriksaan dan layanan program Keluarga Berencana (KB) di RS Al Huda Genteng. (RS AL HUDA FOR RABA)

GENTENG – Ratusan peserta mengikuti Metode Operatif Wanita (MOW) atau KB steril di Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng, Sabtu lalu (16/9). Ratusan peserta akseptor keluarga berencana (KB) itu berasal dari beberapa kecamatan di Banyuwangi.

Sejak awal dilaksanakan di RSAH, ribuan akseptor telah sukses menjalani MOW. Kegiatan MOW kali ini merupakan agenda ke-11 di RS tersebut. Layanan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi RSAH dalam mendukung program pemerintah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Banyuwangi, M. Pua Jiwa, melalui Kabid KBKS Ir Lukman mengatakan, pelaksanaan MOW kali ini sukses berkat sinergi yang baik dari tiga pilar penting. “Tiga pilar itu adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, Kodim 0825 Banyuwangi, dan RS Al Huda,” ujarnya.

Lukman menambahkan, program MOW merupakan salah satu upaya nasional untuk mengatasi beberapa masalah sosial.  Contoh problem sosial itu antara lain kemiskinan, tingginya Angka Kematian Ibu (AKI), dan lain-lain. “Semuanya mengerucut bersumber dari jumlah kelahiran yang tidak terbendung,” tuturnya

Sementara itu, Danramil Gambiran Kapten M. Dahlan yang hadir dalam acara itu menyampaikan, TNI selalu siap mendukung kegiatan semacam ini agar berjalan lancar tertib dan aman. “Sehingga segera tercapai peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat luas, sesuai dengan harapan kita semua,” katanya.

Koordinator Pelaksana MOW, Ida Nurdiyanti menyampaikan, RS Al Huda selalu komit mendukung program pemerintah sesuai filosofi RSAH. “Ke depan, RSAH berharap bisa berkontribusi lebih. Dengan melayani MOW secara reguler, tidak hanya berperan serta dalam kegiatan yang terjadwal seperti ini,” pungkas Ida.(*/bay/c1)

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia