Senin, 25 Sep 2017
radarbanyuwangi
Ekonomi Bisnis

Gus Ipul Tinjau Lokasi Penanaman Jagung Hibrida P21 Dahsyat

Rabu, 13 Sep 2017 17:10 | editor : Ali Sodiqin

UNTUK PETANI: Gus Ipul memberikan bantuan benih jagung hibrida unggul

UNTUK PETANI: Gus Ipul memberikan bantuan benih jagung hibrida unggul (DuPont Pioneer For RaBa)

SITUBONDO--Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meninjau lokasi penanaman jagung hibrida P21 Dahsyat seluas 25 hektar yang berlokasi di desa Karangsari, kecamatan Situbondo, pada Senin (11/9). Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk memantau program penanaman jagung yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. Dalam kunjungan ini, Gus Ipul juga berkesempatan untuk menemui sekitar 700 petani dalam acara Farmer Field Day yang diselenggarakan untuk menunjukkan performa jagung hibrida.

DuPont Pioneer, produsen P21 Dahsyat, merupakan salah satu produsen benih jagung hibrida Pioneer yang berpartisipasi dalam Program Kegiatan Budidaya Jagung di bawah pengawasan Kementerian Pertanian. Dalam program ini, petani mendapatkan bantuan benih jagung hibrida unggul yang akan membantu petani meningkatkan hasil panennya. Sebelum program ini dijalankan, Situbondo merupakan daerah penanaman jagung, dengan rata-rata produksi 5 – 6 ton per hektar. Dengan adanya program ini, jumlah petani penerima program akan meningkat sehingga produktifitas hasil panen diharapkan juga meningkat menjadi 7 – 8 ton per hektar.

H. Matahir, ketua kelompok tani Karangasem Indah I Situbondo mengatakan, Petani di Situbondo berterimakasih atas dukungan pemerintah kepada kami. Dengan adanya program ini, sekarang sebagian besar petani di desa kami telah menanam jagung hibrida kualitas tinggi, P21 Dahsyat dari DuPont Pioneer. Jagung hibrida P21 Dahsyat lebih disukai petani karena tahan kekeringan, umur masak fisiologis relatif cepat, pengisian biji sangat baik/muput, dan rendemen tinggi. Selain itu warna daun tanaman masih hijau saat panen sehingga bisa dijadikan pakan ternak.”

Lukas A. Tadja, Direktur PT DuPont Indonesia mengatakan, “DuPont Pioneer sepenuhnya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan produktivitas jagung di Indonesia. Kami bekerja sama dengan segenap pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, melalui penyediaan benih terbaik yang tepat lokasi, dan sesuai dengan kebutuhan petani di lapangan”

Selain di Situbondo, DuPont Pioneer memasok benih ke seluruh wilayah Jawa Timur dan nasional. Varietas unggul yang disediakan oleh perusahaan untuk mendukung program ini adalah P21 Dahsyat dan P35 Banteng. (*)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia