Minggu, 24 Sep 2017
radarbanyuwangi
Politik & Pemerintahan

Aklamasi, Janur Kembali Pimpin DPC Demokrat Situbondo

Kamis, 31 Aug 2017 08:30 | editor : Ali Sodiqin

PUCUK PIMPINAN: Janur Sasra Ananda (kiri) mengibarkan bendera Partai Demokrat setelah terpilih aklamasi sebagai Ketua DPC, kemarin

PUCUK PIMPINAN: Janur Sasra Ananda (kiri) mengibarkan bendera Partai Demokrat setelah terpilih aklamasi sebagai Ketua DPC, kemarin

SITUBONDO – Janur Sasra Ananda dengan mudah melenggang sebagai Ketua DPC Partai Demokrat periode 2017-2022. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Situbondo itu terpilih secara aklamasi saat pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) di Surabaya, Selasa (29/08).

Sekretaris DPC Demokrat yang lama, Arik Budi Santoso menerangkan, Janur menjadi calon tunggal setelah mendapatkan dukungan sepuluh PAC dari 13 PAC. Dia unggul atas bakal calon lainnya, Joedo Fajar Riawan yang hanya mendapatkan dukungan dari tiga PAC.

Arik menjelaskan, dalam ketentuan pencalonan, bakal calon harus mendapatkan surat dukungan minimal 40 persen dari jumlah suara PAC. Jika kurang, maka dengan sendirinya gugur menjadi calon. “Ini berdasarkan Tatib pelaksanaan Muscab di Demokrat,” terang Arik.

Sebelum pemilihan Ketua DPC yang baru dilaksanakan, disampaikan laporan pertanggungjawab dari Ketua DPC yang lama. Setelah pertanggungjawaban diterima dan dianggap tidak ada masalah, pimpinan sidang mendimosioner ketua DPC sebelumnya. “Setelah itu dibentuk pimpinan sidang devinitif untuk melaksanakan pemilihan ketua baru,” jelasnya.

Sementara itu, Janur Sasra Ananda mengatakan, langkah selanjutnya akan membentuk kepengurusan yang baru bersama tim formatur yang sudah dibentuk. Selanjutnya, akan melakukan konsolidasi internal. “Karena masih ada PAC yang belum terisi,” katanya.

Dia mengaku, pada kepemimpinannya lima tahun kedepan, dirinya fokus mencapai target suara pemilu tahun 2019 mendatang. “Setidaknya kita bisa masuk tiga besar,” imbuh Janur.   

Khusus perolehan kursi di DPRD, Janur mengaku menargetkan bisa mendapatkan enam kursi. Dia mengatakan, rencana capaian itu cukup realistis. Apalagi pada pemilu beberapa tahun lalu, Demokrat pernah memperoleh enam kursi.

Dengan kenyataan itu, bukan tidak mungkin bisa merebut lebih dari enam kursi. Yang terpenting ada kemauan dan kekompakan dinatara pengurus yang lain. “Makanya, kami juga akan fokus membangun kekompakan agar memperoleh dukungan maksimal pada Pemilu tahun 2019 mendatang ,” pungkas Janur. (bib)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia