Rabu, 22 Nov 2017
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

Pendaftaran Kejurkab Bulu Tangkis Gunakan Sistem Informasi

Rabu, 30 Aug 2017 14:10 | editor : Ali Sodiqin

BERBENAH: Kelompok ganda dewasa bertanding pada putaran final Kejurkab beberapa waktu lalu

BERBENAH: Kelompok ganda dewasa bertanding pada putaran final Kejurkab beberapa waktu lalu (MARJONO/JPRS)

SITUBONDO – Pelaksanaan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Bulu tangkis oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Situbondo tahun 2018 mendatang selangkah lebih maju. Sebab, pendaftaran atlet tidak lagi menggunakan sistem manual.

Ketua Pengkab PBSI Situbondo, Mulyono mengatakan, para atlet yang hendak mengikuti Kejurkab mendaftar secara online. PBSI sudah menyediakan Sistem Informasi (SI) atlet. “Kejurkab tahun 2017 ini terakhir memakai sistem manual,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Situbondo.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pamong belajar di UPT Satuan Pendidikan non formal SKB Kabupaten Situbondo itu menerangkan, dengan SI, pemain akan sangat diuntungkan. Sebab, mereka cukup memanfaatkan aplikasi dan langsung bisa mendaftar. pan

Selain itu, sistem tersebut langsung terkoneksi dengan PBSI Jawa Timur. Mulyono menerangkan, setiap ada even kejuaraan bulu tangkis di daerah lain, atlet yang pernah mendapat juara langsung bisa ikut karena namanya sudah tercantum di dalam SI tersebut. “Mereka sudah terdaftar di provinsi,” katanya.

Manfaat lain, SI akan meminimalisir kecurangan kelompok umur. Atlet yang ingin mengikuti kelompok usia di bawahnya secara otomatis ditolak. “Dengan sitem ini, setiap atlet akan mengikuti kejuaraan yang sesuai dengan kelompoknya. Jadi tidak bisa yang dewasa turun ke kelompok pemula misalnya,” jelas Mulyono.

Selain itu, Mulyono menerangkan, dengan menggunakan SI, Kejurkab pada tahun 2018 mendatang akan diikuti atlet dari daerah luar Situbondo. “Dalam setiap menggelar even, PBSI Kabupaten Situbondo akan mengundang dari kabupaten/kota terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, Mulyono mengaku, PBSI sudah mempersiapkan nama-nama yang akan mengikuti Kejuraan Provinsi (Kejurprov) Jatim di Sumenep, Madura Bulan Oktober nanti. Mereka yang akan mewakili Situbondo ke tingkat provinsi akan dilatih mulai sekarang.

Sedangkan atlet untuk Kejurprov tahun 2019 nanti masih belum  final. Mulyono mengaku, PBSI masih menunggu perkembangan atlet sampai dengan pelaksanaan Kejurkab tahun 2018 mendatang. “Setelah Kejurkab 2018 baru kita tentukan,” pungkasnya. (bib)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia